IDWS.ID

Travelling

Sensasi Negeri Van Oranje di Kampoeng Tulip Bandung

19 Jul 2016

Belanda merupakan negara yang terkenal dengan bunga tulipnya. Sebanyak 65 persen bunga tulip di dunia di produksi oleh Negeri Van Oranje tersebut. Untuk menikmati kincir angin, kedai-kedai dan bangunan bergaya Belanda, serta barang-barang khas Belanda.

Kamu hanya perlu mengunjungi Kampoeng Tulip yang beralamat di Jalan Pasir Pogor Raya Ciwastra, Kota Bandung. Memang untuk menemukan Kampoeng Tulip ini cukup terbilang sulit, karena kamu harus memasuki wilayah perumahan terlebih dahulu.

 

Pak Nanang selaku pemilik Kampoeng Tulip ini berhasil mengubah lahan seluar 800 meter menjadi lahan yang serbaguna. Inspirasinya ini berawal dari anaknya yang bersekolah S2 dan bekerja di Belanda.

 

Tunas Tulip yang digunakannya pun langsung dibeli dari negeri Belanda. "Tunas bunga Tulipnya saya sengaja pesan dari negeri Belanda. Tapi sayangnya, setelah tunasnya saya keluarkan dari kulkas, tidak tumbuh. Karena menanam bunga Tulip suhunya harus 11 derajat hingga 12 derajat celcius." tutur pria yang berusia sekitar 50 tahunan itu.

Menurut Doni Samudera yang merupakan salah satu penggagas Kampoeng Tulip, "Karena di sini banyak bangunan Belanda, Jadi pihak manajemen mempunyai gagasan untuk membuat tempat wisata dengan suasana Belanda."

 

"Semua bangunan juga mempunyai ciri khas Belanda, seperti adanya kincir angin, tanaman, dan juga berbagai kedai yang bentuknya bercirikan Belanda," katanya.

 

Dikawasan itu, pengunjung juga dapat menyusuri sungai menggunakan perahu beraneka warna di sana. Ada juga penyewaan pakaian khas Belanda untuk anak hingga dewasa, serta galeri barang-barang antik.

 

Barang-barang di galeri, seperti hiasan dinding, alat rumah tangga dan furnitur, sebagaian besar berasal dari dalam negeri. "Dari luar negeri kami memakai tisu tempel dari Belanda, yaitu servietten, selebihnya dari dalam negeri," kata Tania, pengelola galeri.

 

Destinasi wisata baru di Bandung Selatan ini pun termasuk murah meriah. Tiket masuk hari Senin-Jumat hanya Rp 5.000 dan hari Sabtu-Minggu atau hari libur hanya Rp 7.500. Adapun jam operasional Kampoeng Tulip buka dari pukul 08.30 - 17.00 WIB.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th