IDWS.ID

Berita Nasional

Identitas Pelaku Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astaanyar Terungkap, Pernah Dipenjara Karena Kasus Bom Panci Cicendo

07 Dec 2022

Identitas pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astaanyar, Bandung, Jawa Barat, telah teridentifikasi. Ia diketahui bernama Agus Sujatno alias Agus Muslim.

IDWS, Rabu, 7 Desember 2022 - Agus adalah mantan narapidana dalam kasus bom Cicendo, Jawa Barat, dan pernah dipenjara selama empat tahun di Nusakambangan sebelum kemudian bebas pada September 2021.

Identitas pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astaanyar pada Rabu pagi tadi tersebut diungkap oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Dari hasil pemeriksaan sidik jari dan juga kita lihat dan face recognition, identik pelaku Agus Sujatno atau Agus Muslim. Yang bersangkutan pernah ditangkap atas kasus Bom Cicendo dan sempat dihukum empat tahun dan di bulan September-Oktober 2021 dia bebas," ujar Listyo di sekitar Mapolsek Astananayar, Rabu (7/12/2022), dikutip dari laporan Kompas.com.

 

Warga melihat lokasi terjadi ledakan bom bunuh diri di Mapolsek Astaanyar Bandung, Rabu (7/12/2022). (Foto: Twitter @infobdg)

Listyo menambahkan bahwa Agus termasuk napi yang masih berstatus "merah" karena sulit diredikalisasi.

"Yang bersangkutan ini sebelumnya ditahan di LP Nusakambangan. Artinya dalam tanda kutip masuk kelompok masih merah. Maka proses deradikalisasi perlu teknik dan taktik berbeda karena yang bersangkutan masih susah diajak bicara, cenderung menghindar, walaupun sudah melaksanakan aktivitas," ujar Listyo.

Seperti yang sudah dilaporkan IDWS sebelumnya, terjadi ledakan bom di Mapolsek Astaanyar, Kota Bandung, pada Rabu (7/12/2022) pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Seorang laki-laki menerobos masuk ke dalam Polsek sembari mengacungkan pisau. Ia lalu nekat menerobos ke barisan polisi yang tengah apel sebelum kemudian terjadi ledakan.

Meski para polisi sempat menghindar, ledakan itu tetap menimbulkan korban jiwa satu anggota polisi. Sedangkan 10 orang lainnya mengalami luka-luka terkena serpihan bom.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo