IDWS.ID

Sejarah dan Budaya

Fakta-Fakta Unik Dibalik Evolusi Bra

10 Feb 2015

Bra dan perempuan sudah seperti amplop dan perangko, tak terpisahkan deh pokoknya. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata bra juga mengalami evolusi dari masa ke masa. Seperti yang dilansir dari goodhousekeeping.com, berikut wujud dari evolusi bra dari masa ke masa.

Pada abad ke 14 adalah masa awal dari munculnya bra. Tapi bra pada masa itu tidak seperti yang perempuan gunakan saat ini. Tepatnya sekitar tahun 1300, para atlit perempuan harus menggunakan seperti bandana yang ketat untuk menutupi dada mereka. Seperti yang bisa dilihat dari gambar pada dinding seperti ini 



Masuk ke abad 16 adalah eranya korset. Para perempuan di Perancis pada awal tahun1500an mulai menggunakan korset. 


Bahan untuk membuat koret ini adalah sepotong kayu panjang yang dijahit sesuai dengan bentuk tubuh mereka hingga titik tertinggi dari dada mereka. Walaupun kedengarannya menyakitkan tapi ternyata ini menjadi trend selama 4 abad berikutnya loh.

Tahun 1920an bentuk bra sudah mulai terlihat. Walaupun masih mirip dengan bandana yang digunakan para perempuan pada abad ke 14, tapi setidaknya bra tahun ini lebih terlihat 'boyish'.


Walaupun masih mengikuti cara kerja seperti korset, tapi bra yang keluar pada tahun ini jauh lebih fleksibel.

Push up bra pertama kali dikenalkan pada tahun 1964. Kamu pasti tahu dong model push up bra ini seperti bagaimana? Hampir mirip dengan korset yang akan mengangkat dada perempuan tapi push up bra sudah tidak mirip gaun lagi seperti korset.


Ternyata yang mengeluarkan push up bra pertama kali adalah perusahaan bra dari Kanada. 

Tahun 1977 adalah awal kemuncul dari sport bra.  Bersyukurlah perempuan yang lahir pada tahun ini dan gemar berolahraga, karena dadanya akan mendapatkan perlakuan yang pantas. 



Tahun 2009 hingga kini model bra adalah seperti yang para perempuan kenakan. Berbentuk setengah bulan dan juga terdiri atas busa yang lembut.

Share    

IDWS Promo