IDWS.ID

Flora dan Fauna

 Breaking News

Di Perairan Tropis Tinggal Ikan Berdarah Panas

19 May 2015

Umumnya Burung dan Mamalia merupakan hewan yang berdarah panas, sedangkan Ikan, Reptil, dan Amfibi merupakan hewan yang  berdarah dingin. 

 

Akhir akhir ini, para ilmuwan menemukan hal yang mengejutkan dari spesies ikan besar yang ditemukan di perairan tropis.  Seperti yang di publikasikan di Jurnal Science, Nicholas Wagner, biolog dari Badan Administrasi Atmosfer dan Kelautan Amerika Serikat (NOAA), menemukan ikan berdarah panas pertama di dunia. 



Baca juga : Belut Raksaksa Sepanjang 2,1 Meter Tertangkap Jaring Nelayan


Ikan berdarah panas itu, membuat opah (Lampris guttatus) menjadi ikan berdarah panas pertama di dunia. Dengan kelebihan yang dimiliki opah,  ikan besar itu dapat meningkatkan suhu tubuhnya sendiri saat menyelam hingga kedalaman 396 meter di lautan tropis di seluruh dunia.


Wagner mengutarakan bahwa opah yang sering disebut "moonfish" mempunyai suhu yang sangat stabil di perairan tropis. Dengan suhu tubuh yang dimilikinya 7-9 derajat celcius. Suhu tubuh yang lebih tinggi dari lingkungan sekitarnya. Ikan ini mempertahankan suhu tubuhnya dengan gerakkan sirip dadanya.
 

Owyn Snodgrass juga menambahkan, bukan hanya siripnya yang berfungsi tapi struktur unik insangnya yang memungkinkan darah bisa mempertahankan suhunya juga.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th