IDWS.ID

Flora dan Fauna

 Breaking News

Penyerapan Gas Karbon Di Amazon Menipis

09 May 2015

Keberadaan karbon di hutan tropis AS sekitar 1% dari semua spesies pohon di Amazo. Walaupun daerah ini adalah tempat tinggal sekitar 16.000 spesies pohon, para peneliti menemukan hanya 182 spesies yang menguasai proses penyimpanan karbon.

Tetapi baru baru ini,  Sebuah studi baru menunjukkan hutan hujan Amazon telah kehilangan kemampuannya untuk menyerap karbondioksida (co2) dari atmosfer. Padahal Amazonia sangat penting bagi siklus karbon bumi karena menyimpan lebih banyak elemen dibandingkan ekosistem lainnya.

Selama ini, hutan hujan Amazon berfungsi sebagai penyerap karbon utama dunia. Karbon sangat penting bagi lingkungan karena membantu memperlambat proses perubahan iklim dan mengurangi efek rumah kaca dengan mengubah co2 menjadi oksigen.

Akan tetapi, kemampuan Amazon dalam menyerap co2 itu disinyalir diakibatkan oleh banyaknya perusakan pohon. Tingkat kematian pohon di hutan hujan Amazon mengalami lonjakan besar.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menganalisis 321 plot hutan di seluruh Amazon, lalu mengidentifikasi dan mengukur 200 ribu jenis pohon. Mereka juga mencatat tingkat kematian pohon dan pertumbuhan baru sejak tahun 1980-an.Hasil analisis menunjukkan, peningkatan karbon dioksida di atmosfer mampu meningkatkan percepatan pertumbuhan pohon-pohon di Amazon. 

Share    

IDWS Promo

IDWS Event