IDWS.ID

Bola Internasional

Barcelona "Membajak" Malcom Saat Sang Pemain Nyaris Terbang Ke Roma

25 Jul 2018

Barcelona resmi mendapatkan pemain Brazil, Malcom, dari Bordeaux dengan harga £45,5 juta (dengan rincian £36,5 juta plus £9 juta dari berbagai klausul) setelah "bergerilya kilat" di belakang AS Roma. Klub Catalan tersebut hanya butuh waktu 11 jam untuk membajak Malcom. 

Yang mengejutkan para penggemar sepakbola dunia dan membuat berang AS Roma ialah karena sebelum kesepakatan itu, AS Roma telah lebih dulu mencapai kesepakatan dengan Bordeaux selaku klub pemilik Malcom yang sah, agen sang pemain, dan Malcom sendiri.

 

 

Parahnya pula klub ibukota Italia tersebut juga telah mengumumkan mereka berhasil mendapatkan sang pemain. Akan tetapi Malcom, yang saat itu masih dalam perjalanan menuju Bandara Bordeaux-Mengnac untuk menaiki pesawat menuju Roma, batal terbang setelah pihak Bordeaux membatalkan penerbangannya ke ibukota Italia.  

 

Semua berawal dari Willian

Gelandang Chelsea, Willian. Sumber: Andy Hooper/Daily Mail

Kejadian dramatis ini disinyalir merupakan konsekuensi dari kegagalan Barcelona mendapatkan gelandang Chelsea yang juga berasal dari Brazil, Willian. Chelsea mematok harga £70 juta bagi klub mana saja yang ingin mendapatkan Willian, sedangkan Barcelona hanya mau mengeluarkan £65 juta yang ditolak oleh klub asal London tersebut. 

Senin malam (23 Juli 2018), Barcelona, yang merasa usahanya mendapatkan WIllian mentok, berinisiatif mencari pemain alternatif karena transfer window juga mulai mendekati akhir. Lalu presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu menelpon presiden Bordeaux, Stephane Martin dan menyatakan ketertarikannya kepada Malcom atas saran dari sekretaris teknik Barcelona yang baru, Eric Abidal dan managjer umum Pep Segura. 

Bartomeu memberikan penawaran senilai £39 juta belum termasuk bonus yang membuat Martin pun menghadapi dilema karena ia sudah terlanjur mengiyakan tawaran Roma. Pasalnya ia merasa tidak ada lagi klub yang serius membeli Malcom selain Roma. Namun pada akhirnya Bordeaux memberitahu Malcom akan tawaran Barcelona tersebut dan kemudian membatalkan penerbangan sang pemain muda Brazil ini ke Roma. 

Para penggemar Roma yang sudah berkumpul di Bandara ibukota Italia untuk menyambut kedatangan Malcom (yang dijadwalkan tiba di Roma pukul 23.00) pada Senin malam pun bingung dan kecewa karena sosok yang mereka tunggu-tunggu tak kunjung menampakkan diri. 

Malcom resmi berseragam Barcelona. Sumber: AFP/Getty

Malcom pun tergiur tawaran dari El Barca karena klub Catalan tersebut berani menawarkan gaji yang lebih tinggi dan kesempatan memenangkan trofi yang lebih besar. Setelah agen sang pemain, Fernando Garcia, mempelajari tawaran Barcelona, Malcom pun setuju untuk "berbelok" ke Camp Nou. 

Direktur Olahraga AS Roma, Monchi, yang menerima kabar akan campur tangan Barcelona, malam itu juga (Senin, 23 Juli 2018) langsung mengirimkan tawaran yang sama dengan Barcelona senilai £39 juta lengkap dengan dokumen-dokumen yang sudah ditandatangani membuat tawaran Roma terlihat lebih serius dan menarik. Martin sebagai presiden Bordeaux lalu menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada Malcom. 

Selasa, 24 Juli 2018, Malcom, yang memilih Barcelona, menyepakati kontrak senilai £25 juta dengan durasi 5 tahun plus klausul rilis sebesar £355 juta dengan klub Leo Messi tersebut. Lewat agennya, Malcom menyatakan bahwa ia telah mengambil keputusan bulat yang sekaligus membatalkan kesepakatan sebelumnya dengan Roma. 

 

 

Monchi yang menerima interview dari stasiun TV resmi Roma, menyatakan kecewa dengan sikap Bordeaux karena sebelumnya kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan verbal sebelum pembajakan 11 jam dari Barcelona terjadi. Kini Roma bersiap untuk memperkarakan Bordeaux lewat jalur hukum atas sikap mereka dalam transfer Malcom tersebut.

 

 

"Kami memulai negosiasi dengan Bordeaux dan sang pemain (Malcom) melalui agennya, kurang lebih seminggu lalu. Setelah tiga atau empat hari bernegosiasi secara intensif, kemarin (Senin, 23 Juli 2018) mencapai kesepakatan baik dengan agen, pemain, dan Bordeaux," tutur Monchi. 

"Kesepakatan telah selesai, dan kami telah mendapatkan ijin bagi Malcom agar ia terbang ke Roma untuk menjalani tes medis. Karena ini lah kami merasa tenang dan tak khawatir. Maka dari itulah saya sangat terkejut ketika salah satu dari perwakilan Malcom menelpon saya dan mengatakan bahwa Bordeaux telah membatalkan ijin sang pemain untuk terbang ke Roma," tambahnya. 

 

Share    

Hot Article

IDWS Promo

IDWS Event