IDWS.ID

Sejarah dan Budaya

 Breaking News

Hiroshi Ueda Pencipta Tongsis Pertama Di Dunia

06 May 2015

Siapa yang tidak mengenal tongkat panjang untuk foto apalagi kalo bukan tongkat narsis atau yang sering disebut tongsis yang digunakan untuk mendukung aktivitas selfie menjadi ramai dan booming saat ini. Ternyata tongkat itu sudah ada sejak 1980-an. tongkat itu memiliki sejarah cukup panjang yang dibuat oleh seorang fotografer Hiroshi Ueda.


Tongsis yang digunakan untuk menopang aktivitas memotret memang dibuat oleh Hiroshi. Alat tersebut digunakan sebagai penopang untuk pekerjaannya sebagai fotografer. Dirinya memulai karir dengan bekerja pada perusahaan kamera Minolta.
 


 

Pada waktu itu tongsis dinamai dengan extender stick. Hiroshi membuatnya dengan bentuk seperti halnya sekarang, yakni bentuk tongkat yang dapat diperpanjang dengan sekrup tripod dan digunakan pada kamera baru dan kecil.


Hiroshi menambahkan cermin di bagian depan kamera, sehingga sang fotografer yang ingin mengambil adegan foto dirinya sendiri bisa melihat dan mengatur pose pengambilan foto. Kemudian pada 1983,  extender stick tersebut telah dipatenkan, namun sayang gagal untuk meraih sukses secara komersial.



Wayne Fromm

Tepatnya pada tahun 2000 penemu mainan dan gadget Wayne Fromm, mendapatkan popularitas dari tongsis tersebut yang terlebih dahulu dikembangkannya. Dirinya menamai dengan QuickPod, berbeda dengan nama yang digunakan oleh Hiroshi dan tongkat tersebut juga tidak perlu sekrup untuk memanjangkannya.

Pada perkembangannya dari 2014 hingga 2015, tongsis kini semakin dikenal dan cukup populer di semua kalangan. Meski cukup berguna dan mampu membantu aktivitas fotografer saat ini, namun penggunaan perangkat ini di sebagian wilayah dilarang keras penggunaannya, salah satunya pelarangan pemakaian tongsis di museum di Amerika dan Perancis.


Banyak dari kalangan yang menilai bahwa desain tongkat buatan Fromm adalah kembangan dari tongkat extender yang dibuat Hiroshi. Meski demikian, dirinya menyangkal bahwa tongsis sudah mulai populer dan perangkat tersebut terinsipirasi dari model buatannya langsung.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th