IDWS.ID

Flora dan Fauna

Hexa Mod, Robot Tanaman yang Bisa Berjalan Mencari Sinar Matahari, Menari, dan Bahkan Ngambek Jika Kekurangan Air

18 Jul 2018

Tumbuhan pada umumnya tidak bisa bergerak dengan sendirinya. Meski Venus Flytraps dan Mimosa Pudicas (Putri Malu) bisa menggerakkan daun mereka dengan cepat, namun mereka masih tidak bisa "berjalan" seperti kaum ent di film Lord of the Rings. Pada kasus kekurangan sinar matahari, tak jarang tanaman beradaptasi dengan tumbuh condong ke arah sinar matahari. Nah, bagaimana jika mereka punya kaki-kaki robot yang memungkinkan mereka bergerak dengan sendirinya?

Hexa, yang dikembangkan oleh Vincross yang berbasis di Beijing, adalah sebuah robot berkaki enam dan dilengkapi dengan 19 servo motor, inframerah, beberapa kamera 720p, serta OS (Operation System) Linux modifikasi. Vincross memiliki ambisi besar, di mana pada halaman website mereka, perusahaan ini menggambarkan Hexa berada di Planet Mars. Nah, kali ini Robot Hexa yang bisa membawa tanaman adalah modifikasi terbaru yang dikembangkan oleh roboticist Vincross, Sun Tianqi. Ia memodifikasi Hexa agar bisa membawa tanaman, dan menanamkan bot (aplikasi yang bisa menjalankan tugas-tugas tertentu secara otomatis) khusus. 

"Pada tahun 2014, saya pergi untuk melihat pameran bunga matahari dan menemukan diri saya terfokus pada sebuah bunga matahari yang mati di tempat yang selalu terkena bayangan alias tidak mendapatkan sinar matahari langsung. Lalu saya berpikir, jika bunga matahari ini bisa bergerak sedikit, melangkah sejauh 30 kaki keluar dari bayangan ke tempat di mana bunga-bunga matahari lain berada, bunga matahari mati ini tentu masih hidup," kenang Tianqi. 

Mimpi akan bunga berjalan pun kemudian dibenamkan pada robot yang tengah kembangkan pada saat itu, Hexa. Struktur Hexa dimodifikasi, dengan "pot bunga" dua lapis yang unik, menggantikan cangkang plastik dari desain orisinil Hexa. Hexa Mod (modifikasi) ini mampu berjalan secara otomatis menuju ke arah sinar matahari, ngambek bila tertentu bila tanaman yang ia bawa butuh untuk disirami, bahkan menari "saat ia senang". 

Tumbuhan adalah salah satu organisme paling menakjubkan di Planet Bumi, dengan kaki maupun tidak. Tentunya dengan Hexa Mod ini dapat membantu budidaya tanaman -- meski dengan ukuran terbatas -- menjadi lebih mudah. Unik ya! 

Berikut ini beberapa klip yang menunjukkan robot hasil proyek modifikasi Hexa ini: 

 

Jika sedang butuh, ia akan berjalan mencari sinar matahari

 

Ia bisa berputar 360 derajat sehingga sehingga seluruh sisi tanaman terkena cahaya matahari

 

Ia mencari tempat berteduh jika merasa sudah cukup mendapatkan sinar matahari atau suhu tanaman terlalu panas

 

Ia juga bisa bermain dengan kita

 

ia menari ketika senang 

 

Dan bahkan ia juga bisa ngambek jika kekurangan air  XD

 

Share    

IDWS Promo