IDWS.ID

Health

Yuk, Belajar Membedakan Jenis Jenis Sampah !

09 Jun 2015

Tidak bisa dipungkiri, semakin banyak penduduk dan pemukiman sampah tak bisa lagi dielakkan. Sampah-sampah yang khusunya banyak bertumpuk di Ibukota sangat memprihatinkan.

Sampah merupakan material sisa dari manusia, hewan maupun tumbuhan. Berbagai sampah dilepaskan begitu saja ke alam dalam bentuk padat, cair maupun gas. 


Beberapa jenis sampah yang perlu Anda ketahui, tentunya ini sangat bermanfaat untuk pemanfaatan sampah dari barang sisa yang kemungkinan besar bisa didaur ulang menjadi benda yang berguna.
 



Bukan hanya itu, banyak di tempat umum yang menyediakan tempat sampah yang bertuliskan Organic atau Non-Organic, Nah Anda harus bisa membedakan sampah mana saja yang akan masuk ke tempat sampah itu jangan sampai Anda salah memasukkan sampahnya.


Berikut ini ulasan mengenai jenis-jenis sampah :
 

1. Sampah Organic (Degredable)

Sampah ini merupakan jenis sampah yang bisa diuraikan melalui proses alami. Biasanya sampah ini datang dari sampah-sampah yang ada didalam rumah.
 



Contohnya, sampah dari dapur, sisa-sisa jajanan anak, sayuran, kulit buah, daun, dan ranting. Selain rumah, pasar menyumbangkan lebih banyak sampah organik seperti sampah sayuran, buah-buahan, dan berbagai jenis sisa sampah yang berserakan dilokasi sampah.

Sisa-sisa sampah organik ini nantinya bisa didaur ulang menjadi kompos. 

Baca juga : Kulit Pisang Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat
 

2. Sampah Anorganik (Undegradable)


 

Sampah tipe ini merupakan sampah yang sulit terurai. Pastinya tidak bisa terurai dengan proses alami. Sampah sampah ini biasanya terdiri dari bahan-bahan yang tidak mudah membusuk. Bahan-bahan tersebut berupa bahan non hayati, berupa produk sintetik maupun hasil dari pemprosesan teknologi bahan tambang yang sulit dihancurkan.
 

Sampah ini dibedakan menjadi 2, yaitu sampah logam dan produk olahan. Contohnya, plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol, gelas minuman, kaleng dan sampah sampah lainnya yang bisa terurai dalam waktu lama.

Baca juga : Sulap Baju Bekas Dengan Cara Ini 
 

3. Sampah Limbah Rumah Tangga


Sampah ini berupa sampah cair yang dihasilkan dari toilet. Sampah tipe ini mengandung patogen yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Contohnya, Limbah rumah tangga seperti sampah cair dari dapur, kamar mandi, bekas mencuci pakaian maupun piring. 

 

4. Sampah Alam


Alam juga bisa menghasilkan sampah. Sampah ini biasanya datang dari produksi hutan yang diintegrasi melalui proses daur ulang alami. Contohnya, dedaunan kering yang terurai menjadi tanah. Tapi, selain di hutan, sam[pah ini justru menjadi masalah, misalnya di pemukiman dedaunan yang berjatuhan akan menjadi sampah lingkungan.


5. Sampah Manusia


 

Sampah yang biasa dikenal dengan Human Waste ini biasanya datang dari hasil-hasil pencernaan manusia. Contohnya feses dan urin. Sampah manusia bisa berdampak buruk untuk lingkungan dan kesehatan, karena dibalik kotoran itu tentunya banyak sekali penyakit yang datang karena virus dan bakteri.


6. Sampah Radioaktif



Tipe sampah ini mungkin belum ditemukan di Indonesia, berhubung Indonesia belum menerapkan nuklir. Sampah radioaktif ini merupakan hasil dari fusi dan fisi nuklir. Zat sisa nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium sangat berbahaya untuk lingkungan dan manusia. Nah, untuk sampah ini tidak semabrang asal buang, biasanya sampah ini akan disimpan ditempat-tempat yang tidak berpotensi tinggi, contohnya didasar laut.

.
Share    

IDWS Promo