IDWS.ID

Sejarah dan Budaya

Hari Kemerdekaan Bikini Bottom

11 Mar 2015

Bagi rakyat Indonesia, 11 Maret merupakan hari peringatan Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar). Namun, bagi rakyat Bikini Bottom, 11 Maret menjadi hari peringatan bagi kemerdekaannya.

Bagi penggemar serial kartun animasi SpongeBob SquarePants, Bikini Bottom tentu menjadi nama yang tak asing terdengar.

Bikini Bottom merupakan kota tempat tinggal SpongeBob dan kawan-kawan, seperti Squidward, Patrick, Sandy, Krab si Kepiting, dan Plankton.Bikini Bottom terletak di bawah Samudra Pasifik yang di sana terdapat ladang ubur-ubur dan Goo Lagoon.

Hal tersebut, pernah disebut di beberapa episode dan juga dalam The SpongeBob SquarePants The Movie.

Geografi Bikini Bottom terdiri atas gunung, hutan, danau, laguna, gua, padang rumput, karang, dan sungai. Di The SpongeBob SquarePants Movie, gunung berapi, parit, dan gurun juga terlihat di beberapa tempat.

Sebuah episode pernah bercerita mengenai nasib Bikini Bottom dari masa ke masa. Dimulai dari zaman prasejarah, Bikini Bottom hanya berisi tumbuhan dan bebatuan, lalu berubah menjadi zaman masa depan. Seluruh Bikini Bottom dilapisi es.

Pada zaman masa depan, SpongeBob pun diceritakan telah bertransformasi sebagai SpongeTron dengan kecanggihan teknologi yang dimilikinya.

Mengenai kemerdekaannya, laman Facebook SpongeBob and Friends memposting sejarah kemerdekaan Bikini Bottom.

Sejarah berawal dari pertempuran rakyat Bikini Bottom dan para penjajah di ladang ubur-ubur. Pada akhirnya, para penjajah mati tertembak dan rakyat Bikini Bottom pun bisa memproklamirkan kemerdekan pada 11 Maret 1981, di gedung proklamasi yang terletak di Rock Bottom.

Share    

IDWS Promo