IDWS.ID

Berita Nasional

Nurhasanah Iskandar, Pengisi Suara Doraemon, Hembuskan Nafas Terakhir di Usia 62 Tahun

12 Jul 2020

Kabar duka dari dunia pengisi suara animasi di Indonesia. Nurhasanah Iskandar atau lebih dikenal sebagai pengisi suara Doraemon versi Bahasa Indonesia dilaporkan telah tutup usia

IDWS, Minggu, 12 Juli 2020 - Kabar tersebut dikonfirmasi langsung oleh rekan-rekannya sesama pengisi suara (istilah Jepang: Seiyuu) anime Doraemon seperti Agus Nurhasan (pengisi suara Suneo pada 2006-2008) dan Bima Sakti (pengisi suara Giant). Nurhasanah berpulang pada hari Minggu (12/7/2020) ini setelah mengidap penyakit stroke sejak 2017. Beliau meninggal di usia 62 tahun.

 

 

Almarhum Nurhasanah pada awalnya berprofesi sebagai pegawai senior RRI dan aktif di dunia sandiwara radio. Ia memulai debutnya sebagai pengisi suara bersama pengisi suara legendaris Maria Oentoe dalam sebuah drama kolosal dari India.

Melansir Kaori Nusantara, Nurhasanah merupakan pengisi suara Doraemon versi Bahasa Indonesia terlama setelah menggantikan Anita Riyadi, pengisi suara pertama Doraemon di Indonesia namun karirnya cukup singkat.

 

Almarhumah Nurhasanah bersama putranya Dana Robbyansyah, yang juga meneruskan jejaknya sebagai pengisi suara Doraemon. (Foto: Kaori Nusantara)

Sempat pensiun mengisi suara Doraemon pada 2006 dan digantikan oleh Selvy Hosizah, Nurhasanah kembali menghidupkan karakter kucing robot masa depan itu. Sayangnya ia harus mundur sebagai pengisi suara Doraemon pada 2017 setelah kondisi kesehatannya menurun. Peran beliau digantikan oleh putranya, Dana Robbyansyah.

Kepergian Nurhasanah ini menyusul pengisi suara pertama beberapa karakter anime Doraemon di Indonesia yang telah lebih dulu berpulang, seperti Is Andersa (Giant), Hamdani Hasni (Suneo), dan Prabawati Sukarta (Shizuka).

Selamat jalan, Nurhasanah, terima kasih telah mewarnai kenangan anak-anak di Indonesia!


(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo