IDWS.ID

Berita Internasional

Perdana Menteri Jepang yang Baru Telah Terpilih Menggantikan Shinzo Abe yang Mundur Karena Masalah Kesehatan

14 Sep 2020

Shinzo Abe mundur dari jabatan Perdana Menteri Jepang karena masalah kesehatan, dan kini penggantinya telah dipilih.

IDWS, Senin, 14 September 2020 - Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, dipilih oleh partai Demokratik Liberal (LDP) atau partai berkuasa di Jepang sebagai Perdana Menteri Negeri Sakura yang baru menggantikan Abe.

Terpilihnya Suga sekaligus menandai berakhirnya era kepemimpinan Shinzo Abe selama 8 tahun di Jepang.

LDP yang telah berkuasa di Jepang sejak 1955, menggunakan kekuatan mayoritasnya di parlemen untuk memposisikan Suga di kursi Perdana Menteri Jepang. Yoshihide Suga sendiri sebelumnya adalah tangan kanan Shinzo Abe — yang menjadi Perdana Menteri sejak 2012 silam.

 

Yoshihide Suga (tengah) bersama dua kandidat Perdana Menteri Jepang lainnya, Shigeru Ishiba (kiri), dan Fumio Kishida. (Charly Triballeau/AFP/Bloomberg)

Lahir dari keluarga petani, Yoshihide Suga sudha lama dikenal sebagai tangan kanan Abe. Ia memenangi 377 suara dari total 535 pada voting yang dilakukan pada hari Senin (14/9/2020) ini, melansir laporan dari LDP via Bloomberg.

Suga bersaing dengan eks Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba yang dikenal kerap mengkritik pemerintahan Abe, serta eks Menteri Luar Negeri Fumio Kishida.

Yoshihide Suga dihadapkan pada tugas berat, yakni membimbing Jepang melewati pandemi COVID-19 yang memukul hampir semua sektor, terutama sektor kesehatan, sosial, dan ekonomi.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo