IDWS.ID

Berita Internasional

Berita Duka: Mantan Sekjen PBB, Kofi Annan, Telah Berpulang di Usia 80 Tahun

19 Aug 2018

Swiss - Berita duka datang dari Swiss. Kofi Annan, yang pernah mengabdi sebagai Sekertaris Jendral PBB periode 1997 - 2006, meninggal di Swiss pada usia 80 tahun. 

Dilansir dari sebuah pernyataan yang dirilis oleh keluarga sang peraih Nobel Perdamaian dan Yayasan Kofi Annan, Kofi Annan meninggal dunia dengan tenang pada hari Sabtu (18/8/2018) kemarin karena sakit yang tidak dijelaskan. 

"Istrinya, Nane beserta anak-anak mereka; Ama, Kojo dan Nina terus menemani di hari-hari terakhirnya. Kapan pun terjadi penderitaan atau (orang-orang) membutuhkan, ia selalu datang dan menyentuh banyak orang dengan kasih sayang serta empati. Ia tanpa keegoisan selalu mengutamakan orang lain, kebaikan yang bersinar, kehangatan serta kecemerlangan pada semua yang telah ia lakukan," bunyi pernyataan tersebut. 

Dilansir dari BBC, Annan yang tinggal di dekat Jenewa, Ibukota Swiss beberapa tahun terakhir ini menghembuskan nafas terakhirnya di sebuah rumah sakit di Negara tersebut. 

Banyak figur-figur publik dunia yang menyatakan bela sungkawa atas kepergian sang diplomat asal Ghana tersebut. Di antaranya aktris Angelina Jolie yang menjabat sebagai Duta Istimewa untuk Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi sejak 2012 juga mengeluarkan sebuah pernyataan mengenai kepergian Annan. 

"Saya sangat sedih akan kepergian Kofi Annan, seorang negarawan global sejati dan pria dengan integritas," tulis Angelina. 

Kofi Annan menjadi orang kulit hitam kelahiran Afrika pertama yang menjabat sebagai Sekjen PBB. Ia juga tidak lepas dari kontroversi. Meski sempat dianugerahi penghargaan Nobel Perdamaian bersama dengan PBB pada tahun 2001 untuk "usaha mereka demi dunia yang lebih terorganisir dan damai," ia juga menghadapi kritikan tajam atas kepemimpinannya di era 1990an, saat pembantaian etnis di Rwanda. 

 


Sejak meninggalkan jabatannya sebagai Sekjen PBB, Annan menjadi anggota The Elders, sebuah kelompok kemanusiaan yang dibentuk oleh Nelson Mandela. Annan terpilih menjadi ketua pada 2013. 

Selain Angelina Jolie, beberapa orang terkenal juga mengungkapkan bela sungkawa mereka, termasuk para pesepak bola Ghana yang berkarir di liga-liga besar Eropa. (stefanus/idws)

 

 

 

 

 


Sumber: People

Share    

IDWS Promo

IDWS Event