IDWS.ID

Otomotif

Jorge Lorenzo Putuskan Pensiun Usai Balap Valencia Akhir Pekan Ini

15 Nov 2019

IDWS, Jumat, 15 November 2019 - Juara dunia MotoGP tiga kali asal Spanyol, Jorge Lorenzo, akan segera pensiun dari dunia balap motor setelah sesi balap di Valencia pada hari Minggu (17/11).

Lorenzo merupakan juara dunia MotoGP pada 2010, 2012 dan 2015 bersama Yamaha, sekaligus dua titel dunia untuk kelas 250cc pada tahun 2006 dan 2007.

Pembalap berusia 32 tahun ini memulai debutnya di MotoGp pada 2008 silam dan memenangkan 47 balapan, lima kali masuk dalam all-time list, serta naik ke podium sebanyak 114 kali dari 202 start.

Ia lalu bergabung dengan Repsol Honda untuk musim balap 2019 dan kini nangkring di posisi 19 klasemen sementara MotoGP.

 

Jorge Lorenzo dalam jumpa pers di mana ia mengumumkan akan pensiun usai sesi balap Valencia. (Foto: Motorsport)

"Hari [saya pensiun dari MotoGP] telah datang, [balapan di Valencia] ini akan jadi balap terakhir saya di MotoGP," ungkap Lorenzo dengan emosional dalam jumpa pers hari Kamis (14/11) malam waktu Indonesia. "Pada akhir balapan saya akan pensiun sebagai pembalap profesional."

Lorenzo yang masih menyisakan satu tahun kontrak dengan Honda kerap dirundung cedera yang mengganggu performanya pada musim ini. Ia melewatkan empat balapan setelah mengalami kecelakaan dan patah ruas tulang belakang dalam latihan di Grand Prix Assen bulan Juni lalu.

"Saya cinta olahraga ini tapi di atas segalanya saya cinta menang," kata Lorenzo.

"Saya telah mengecewakan diri saya dan Honda tapi saya pikir ini adalah keputusan terbaik bagi saya maupun tim. Kami sama-sama pemenang dan selalu bertarung untuk menang," lanjutnya.

Lorenzo juga akan berpisah dengan partnernya, sesama pembalap Spanyol di Honda sekaligus juara enam kali MotoGP, Marc Marquez.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Motorsport

Share    

IDWS Promo