IDWS.ID

Olahraga

Mulai dari Netizen HIngga Taufik Hidayat Hujat Kemenpora Terkait Tidak Berkibarnya Bendera Merah Putih di Piala Thomas 2020

18 Oct 2021

Kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2020 terasa kurang sempurna karena Bendera Merah Putih tak bisa ikut berkibar di podium.

IDWS, Senin, 18 Oktober 2021 - Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Indonesia dilarang menjadi tuan rumah kejuaraan regional hingga dunia, serta tidak boleh membawa nama maupun mengebarkan bendera negara sendiri dengan Olimpiade sebagai pengecualian.

Sanksi tersebut datang dari Badan Antidoping Dunia WADA karena Indonesia dinilai tidak patuh dalam menerapkan program pengujian doping yang efektif.

Sebagai gantinya, yang dikibarkan di podium Piala Thomas 2021 adalah bendera dari Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Tak bisa berkibarnya Bendera Merah Putih di podium Piala Thomas pun membuat netizen Indonesia meluapkan kemarahan mereka kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Hal ini bisa dilihat dari cuitan para netizen Indonesia di media sosial Twitter, di mana dari pantaan IDWS, tagar #menpora telah dicuitkan sebanyak lebih dari 16,8 ribu kali pada Senin (18/10/2021).

 

 

 

Tak hanya netizen saja, bahkan legenda bulutangkis Indonesia Taufik Hidayat juga turut angkat suara lewat akun Instagram resminya di mana ia menyebut tidak berkibarkan Bendera Merah Putih di Piala Thomas merupakan hal yang memalukan.

 

(Instagram/@taufikhidayatofficial)

 

Menpora Zainudin Amali sendiri telah memberi klarifikasi di mana ia mengklaim bahwa WADA sudah memahami kondisi olahraga di Indonesia yang kesulitan menerapkan tes doping efektif karena pandemi. Namun sepertinya tidak cukup untuk membendung kemarahan rakyat Indonesia.

 

Indonesia menjuarai Piala Thomas 2020 setelah mengalahkan China 3-0 di final yang digelar pada Minggu (17/10/2021) di Aarhus, Denmark. Jonathan Christie memastikan kemenangan Indonesia dengan meraih poin ketiga setelah memenangkan duel ketat melawan pebulutangkis China Li Shi Feng lewat rubber game selama 81 menit dan skor akhir 21-14, 18-21, 21-14.

 

(stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo