IDWS.ID

Olahraga

Kronologi Meninggalnya Legenda Bulutangkis Indonesia Markis Kido

15 Jun 2021

Mantan atlet bulutangkis Indonesia penyumbang emas pada Olimpiade 2008, Markis Kido, meninggal dunia pada Senin (14/6/2021) kemarin. Bagaimana kronologinya?

IDWS, Selasa, 15 Juni 2021 - Seperti yang diberitakan sebelumnya, Markis Kido meninggal saat sedang bermain bulutangkis di Tangerang. Hal itu dikonfirmasi oleh mantan Humas PBSI, Yuni Kartika yang menerima kabar dari rekan Kido, sesama legenda bulutangkis Candra Wijaya yang juga berada di lokasi kejadian saat Markis Kido diduga mengalami gagal jantung, yakni di GOR Petrolin, Tangerang.

Melansir detikSport, candra menuturkan bahwa Kido sebenarnya dalam kondisi baik-baik saja saat bermain. Tapi, ketika hendak pindah lapangan, Kido tiba-tiba terjatuh tak sadarkan diri dan membuat rekan-rekannya langsung menghampiri, termasuk Candra.

Candra dan kawan-kawan sudah berupaya melakukan pertolongan pertama sambil menunggu ambulans datang. Sayangnya takdir berkata lain, ketika Kido dilarikan ke Rumah Sakit Omni Alam Sutera, dia sudah tidak bernyawa.

 

Mendiang Markis Kido. ( Dok.BADMINTONINDONESIA.org)

"Ya, pertama-tama tentu saya sangat kaget dan panik. Saya ikut berada di lapangan," ujar Candra Wijaya dalam video kepada detikSport.

"Kebetulan saya tadi bareng ketemu atau biasa main tiap Senin di GOR Petrolin, Tangerang. Sebetulnya sangat santai, rileks, main tidak begitu berat. Kido biasa saja, normal aja, main di lapangan tidak begitu berat, sedikit bercanda. Kido baru main 1/2 set, pas pindah tempat 15-8, tiba-tiba saya lihat sudah jatuh enggak normal ke depan. Saya lalu mendudukkan dan teman-teman lain membantu. Memompa jantungnya, memberikan air. Kita berusaha mencari pertolongan pertama, langsung bawa ke Omni," sambungnya.

"Mungkin kehendak Tuhan, sampai di sini, dokter bersama teman yang membawa lebih dulu, Kido sudah langsung dipanggil Tuhan. Sudah lepas. Kurang lebih sekitar pukul 6.30 atau 6.40, kurang lebih 15-20 menit sampai saat ini," sambungnya. Mohon maaf lahir batin kepada keluarga, saya sudah semaksimal mungkin untuk menolongnya. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan," pungkas Candra Wijaya.

Markis Kido dikenal sebagai salah satu bulu tangkis Indonesia yang banyak meraih prestasi. Bersama Hendra Setiawan, Markis Kido meraih medali emas SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade.

Tak hanya itu, pasangan Markis/Hendra juga meraih gelar juara dalam ajang BWF World Cup 2006, BWF World Championship 2007, juga sejumlah seri BWF Grand Prix seperti China Open.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: CNNIndonesia.com, detikSport

Share    

IDWS Promo