IDWS.ID

Unik

Sempat Kena Takedown Karena Klaim Hak Cipta Palsu dari Label Malaysia, Kanal YouTube 'Lofi Girl' Kembali Live Streaming

13 Jul 2022

Kanal radio populer "Lofi Girl" di YouTube tiba-tiba saja terkena klaim hak cipta dan sempat berhenti streaming, membuat para penggemarnya resah dan kebingungan.

IDWS, Rabu, 13 Juli 2022 - Streaming live Lofi Girl yang sudah mengudara selama dua tahun lebih di YouTube pun sempat terkena takedown karena permintaan Digital Millenium Copyright Act (DMCA) dari sebuah label rekaman bernama FMC Music Sdn Bhd Malaysia.

Tak lama setelah sempat berhenti, YouTube menyabut keputusannya dan menyebut permintaan copyright dari label asal Malaysia itu "palsu" dan "kejam".

Operator dari Lofi Girl  mengunggah kopi dari surat pemberitahuan dari pihak YouTube akan pelanggaran DMCA untuk streaming "beats to relax/study to" pada Minggu (10/7/2022) sekaligus pemberitahuan akan pemberhentian streaming video populer tersebu — yang hak ciptanya sepenuhnya milik pihak Lofi Girl.

Namun sekitar 24 jam kemudian, YouTube mengubah keputusannya dengan mendeklarasikan bahwa permintaan takedown tersebut palsu dan memutuskan bahwa Lofi Girl tidak menyalahi hukum hak cipta DMCA. Lofi Girl kemudian meluncurkan kembali streaming videonya pada 12 Juli 2022.

Ini bukan pertama kalinya kanal Lofi Girl di-takedown oleh YouTube karena kesalahan. YouTube sempat menghapus siaran streaming Lofi Girl dalam waktu singkat pada 2020 karena pelanggaran term of service yang kemudian terungkap keliru. Pada 2017, Lofi Girl juga mendapat tuduhan pelanggaran hak cipta karena menggunakap klip dari film animasi Studio Ghibli "Whisper of the Heart".

 

(Lofi Girl/YouTube)

Lofi Girl menggunakan kesempatan ini untuk mengkritik Tim YouTube karena betapa mudahnya pihak-pihak tak bertanggung jawab mengajukan klaim palsu terkait hak cipta terhadap suatu video di platformnya.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: The Verge

Share    

IDWS Promo