IDWS.ID

Unik

Tren Boneka Arwah Buka Lowongan Kerja Baru: Babby Sitter Boneka Arwah. Minat??

08 Jan 2022

Spirit Doll alias boneka arwah kini tengah jadi viral dan digandrungi mulai dari para influencer hingga selebritis seperti Ivan Gunawan dan Celine Evangelista.

IDWS, Sabtu, 8 Januari 2022 - Sesuai namanya, boneka-boneka tersebut disebut-sebut bukan boneka sembarangan, melainkan masih menyimpan arwah. Para figur publik yang memiliki boneka arwah pun memperlakukannya bak anak sendiri.

Berbeda dengan tren boneka arwah di luar negeri yang memiliki berbagai bentuk, boneka arwah yang banyak diadopsi oleh influencer di Indonesia memiliki penampakan mirip dengan bayi dan anak kecil.

Tak hanya itu, mereka juga memperlakukan boneka arwah tersebut layaknya anak kecil sehingga memberinya makan, diberi pakaian, hingga mengajak boneka arwah jalan-jalan. Mereka juga mulai memamerkannya ke publik melalui media sosial. Mengherankan bukan? Masih belum cukup ternyata.

Salah satu alasan utama yang disebut-sebut membuat para publik figur merawat boneka arwah adalah karena lebih mudah diurus daripada bayi manusia asli. Namun ujung-ujungnya, ada juga yang membuka lowongan pekerjaan baby sitter bagi boneka-boneka arwah mereka. Nah, loh!?

Menurut akun TikTok alejandro_nasution1, baby sitter akan mendapatkan fasilitas tidur bersama anak arwah di apartemen mewah, wifi gratis, makanan mewah, biaya transportasi, dan uang makan jika keluar bersama boneka arwah.

"Asuransi kesehatan dan gaji minimal Rp 10 juta (exclude bonus). Harus yang berhati mulia dan lemah lembut," tulis unggahan tersebut.

 

Ilustrasi boneka arwah. (Instagram @anakputramahkota)

 

Asal muasal tren boneka arwah

Melansir laporan CNBC indonesia, diketahui tren spirit doll berasal dari Thailand. Boneka yang disebut Luk Thep dipercaya diisi oleh roh-roh pembawa keberuntungan karenanya diperlakukan seperti anak sendiri

Biasanya, boneka arwah akan dibawa ke seorang biksu untuk didoakan dan melakukan upacara. Ritual tersebut dipercaya sebagai usaha menghidupkan boneka atau mengisi boneka tersebut dengan roh.

Harga spirit doll ini juga bervariasi, sesuai dengan ukuran dan bentuk boneka. Misalnya dikutip dari eBay untuk Luk Thep Doll 28 inchi dibanderol dengan harga US$ 475 atau setara dengan Rp 6,8 juta dengan asumsi kurs Rp 14.300. Dari deskripsi penjual, boneka arwah ini berukuran 28 inchi dan disebut sudah menjalani upacara Luk Thep yang dilakukan oleh Pra ajarn Vinai di Kuil Buakhan yang terletak di Bangkok, Thailand.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: CNBC Indonesia, TikTok alejandro_nasution1

Share    

IDWS Promo