IDWS.ID

Bola Internasional

Ini Dia Negara-negara yang Sudah Memastikan Diri Lolos ke Piala Dunia 2022 dan yang Masih Berjuang Lolos

17 Nov 2021

Kualifikasi bagi perhelatan akbar Piala Dunia 2022 Qatar tengah berjalan di mana negara-negara dari penjuru Bumi berlomba-lomba mengisi 32 slot peserta.

IDWS, Rabu, 17 November 2021 - Piala Dunia 2022 juga akan menjadi ajang terakhir di mana peserta Piala Dunia akan berjumlah maksimal 32 negara. Di Piala Dunia 2026 Amerika Utara nanti, jumlah peserta akan bertambah menjadi 48 tim.

Qatar sebagai tuan rumah, sudah memastikan jatah satu slot ketika pada 2010 silam terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia pada 2022 — meski dibayangi kontroversi dari segi waktu perhelatan yang berpotensi bentrok dengan jadwal liga-liga sepakbola dunia maupun isu-isu HAM. Piala Dunia 2022 sendiri akan digelar pada 12 November-18 Desember 2022.

Akibat pandemi COVID-19, perhelatan kualifikasi Piala Dunia 2022 pun tak berjalan serempak di penjuuru Bumi dengan negara-negara Eropa menjadi mayoritas yang sudah mengamankan jatah mereka.

Berikut ini adalah negara-negara yang sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar melansir Twitter @FIFAWorldCup.

  • Qatar (tuan rumah)
  • Jerman (pemenang Grup J UEFA)
  • Denmark (Pemenang Grup F UEFA)
  • Brazil (satu dari empat top tim CONMEBOL)
  • Belgia (pemenang Grup E UEFA)
  • Prancis (pemenang Grup D UEFA)
  • Serbia (pemenang Grup A UEFA)
  • Spanyol (Pemenang Grup B UEFA)
  • Kroasia (pemenang Grup H UEFA)
  • Swiss (pemenang Grup C UEFA)
  • Inggris (pemenang Grup I UEFA)
  • Belanda (pemenang Grup G UEFA)
  • Argentina (satu dari empat top tim CONMEBOL)

 

UEFA (Eropa)

Serbia, Spanyol, Swiss, Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Kroasia, Inggris, dan Jerman sudah memastikan lolos ke Qatar sebagai juara grup masing-masing. 10 negara peringkat runner-up dari setiap grup akan berlaga di playoff Eropa bersama 2 tim dari rute UEFA NAtions League. Nantinya 12 tim akan dibagi ke bracket yang terdiri dari 4 tim dengan pertandingan berformat single elimination pada Maret 2022 di mana tiga tim akan terpilih untuk loloks ke Piala Dunia 2022.

12 tim tersebut adalah Portugal, Swedia, Italia, Ukraina, Wales, Skotlandia, Turki, Rusia, Polandia, Makedonia Utara, Austria, dan Republik Ceko.

CAF (Afrika)

Untuk wilayah CAF, baru akan ditentukan pada Maret 2022. Setelah menjalani kualifikasi fase grup (total 10 grup masing-masing berisi 4 negara), para pemenang dari masing-masing grup (10 negara) lolos ke putaran final di mana mereka akan saling bertanding satu sama lain dalam format dua leg untuk menentukan lima negara yang berhak mewakili CAF ke Piala Dunia 2022 Qatar. 10 negara yang lolos ke putaran final tersebut adalah Algeria, Kamerun, Republik Demokratik Kongo, Mesir, Ghana, Mali, Maroko, Nigeria, Senegal, dan Tunisia.

 

AFC (Asia)

12 negara peringkat terendah di Asia bertanding untuk mendapatkan 6 slot di putaran kedua kualifikasi Asia. Kemudian 8 grup terdiri dari lima negara berkompetisi di mana para pemenang dan 5 top runner-up dari masing-masing grup lolos ke putaran final. Normalnya, 8 pemenang grup dan 4 top runner-up yang seharusnya lolos, namun karena Qatar yang sudah dipastikan tampil di Piala Dunia 2022 dan Qatar sendiri merupakan juara dari Grup E, maka total 7 pemenang grup dan 5 top runner-up yang lolos ke putaran final.

Putaran final sendiri terbagi ke dua grup yang masing-masing terdiri dari 6 negara.

Iran untuk sementara ini memimpin Grup A dengan 16 poin, disusul oleh Korea Selatan (14 poin) dan UEA (6 poin). Semetnara itu di Grup B, Arab Saudi memimpin dengan 16 poin, disusul Jepang (12 poin) dan Australia (11 poin).

Nantinya para pemenang serta runner-up dari kedua grup ini akan lolos ke Piala Dunia 2022, sedangkan peringkat ketiga akan menjalani playoff di playoff interkontinental.

 

CONCACAF (Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia)

Setiap tim CONCACAF di luar peringkat 5 besar bermain di babak penyisihan eliminasi yang mengikis 30 tim terbawah menjadi hanya 3 tim (Kanada, El Savador, dan Panama). Ketiga tim itu bergabung dengan 5 negara peringkat tertinggi di CONCACAF untuk menjalani babak kualifikasi final berformat dua leg. Tiga tim teratas akan lolos ke Piala Dunia 2022, sedangkan peringkat keempat akan memasuki playoff interkontinenal.

Kanada untuk saat ini memimpin klasemen dengan 16 poin, disusul Amerika Serikat (15 poin), dan Meksiko (14 poin) yang unggul selisih gol dari peringkat keempat, Panama yang juga mengemas 14 poin.

 

CONMEBOL (Amerika Selatan)

Brazil menjadi negara pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022, diikuti oleh Argentina. Empat tim teratas dari total 10 tim di zona CONMEBOL lolos langsung ke Piala Dunia 2022. Brazil dan Argentina sudah tidak terkejar lagi perolehan poinnya. Sedangkan peringkat ketiga untuk saat ini adalah Ekuador (23 poin) disusul oleh Kolombia (17 poin) yang unggul selisih gol dari peringkat 5 Peru yang sama-sama mengoleksi 17 poin.

Peringkat kelima akan bertanding di playoff interkontinental demi jatah tampil di Qatar.

 

OFC (Oceania)

Karena kesulitan logistik akibat pandemi COVID-19, kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk wilayah OFC masih tidak jelas juntrungnya. Pada intinya, siapa pun yang lolos dari wilayah ini masih harus berjuang di playoff interkontinental.

 

 

(Stefanus/IDWS)


Gambar Fitur: FIFA/Getty Images

Share    

IDWS Promo