IDWS.ID

Bola Internasional

EURO 2020: Italia dan Wales Maju ke Babak 16 Besar, Spanyol Terancam Tak Lolos Fase Grup

21 Jun 2021

Timnas sepakbola Wales yang bermain dengan 10 pemain menunjukkan determinasi tinggi untuk menahan gempuran Timnas Italia meski akhirnya kalah tipis 0-1 melawan Gli Azzurri.

IDWS, Roma, Italia, Senin, 21 Juni 2021 - Sementara itu bagi Italia, ini adalah kemenangan ketiganya di Grup A mengantarkan mereka menjadi pemuncak grup dengan 9 poin. Sebelumnya mereka telah dipastikan lolos ke babak 16 besar dari Euro 2020 sejak kemenangan 3-0 atas Swiss pekan lalu.

Sedangkan harapan Wales untuk lolos ke babak 16 besar sempat terancam karena di laga Grup A lainnya, Swiss mengalahkan Turki 3-1. Dewi Fortuna bahkan sepertinya tidak ingin melihat Wales lolos. Setelah Italia unggul lebih dulu lewat gol Matteo Pessina di menit ke-39, Wales terpaksa bermain dengan hanya 10 orang setelah Ethan Ampadu dikartu merah wasit Ovidiu Halegan di menit ke-55 karena pelanggaran kerasnya atas Federico Bernardeschi.

Italia yang menorehkan rekor tak pernah kalah dalam 29 laga terakhirnya sebelum bertemu Wales, semakin gencar menyerang. Namun hebatnya, Wales — negara yang tak punya rekor mentereng di turnamen sepakbola antar negara dan bahkan terakhir kali negara itu mengikuti Piala Dunia adalah pada tahun 1958 silam — sanggup bertahan dari serangan bertubi-tubi Italia dan berhasil mencegah tim tuan rumah menambah gol.

 

(Twitter/@EURO2020)

Berkat kegigihan tersebut, Wales pun nongkrong di posisi kedua Grup A — unggul selisih gol dari Swiss, dan sukses lolos ke putaran 16 besar Euro 2020 menemani Italia.

 

(Twitter/@EURO2020)

Swiss yang hanya bisa menduduki peringkat ketiga Grup A, harus memupus mimpi lolos ke babak 16 besar karena selisih golnya minus satu, sedangkan Wales surplus satu gol. Sementara Turki selalu kalah dalam tiga pertandingan sehingga menduduki posisi buncit.

 

Klasemen akhir Grup A Euro 2020. (Twitter/@EURO2020)

 

Spanyol tertatih-tatih

Sementara itu di Grup E, juara Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, Spanyol, untuk kedua kalinya hanya bisa meraih hasil imbang setelah ditahan Polandia 1-1 pada laga hari Minggu (20/6/2021).

 

 

(Twitter/@EURO2020)

Bermain Spanyol unggul lebih dulu lewat gol pembuka Alvaro Morata menyambut umpan Gerard Moreno di menit ke-25. Namun di menit ke-54, penyerang andalan Polandia Robert Lewandowski menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Ironisnya, Moreno yang sebelumya memberi assist bagi gol Morata sempat memperoleh peluang emas untuk membawa Spanyol kembali unggul, namun ia gagal mengeksekusi tendangan pinalti di menit ke-58.

 

Klasemen akhir Grup E Euro 2020. (Twitter/@EURO2020)

Dan hingga wasit Daniele Orsato meniup peluit panjang, Spanyol gagal menambah gol. Tim asuhan Luis Enrique itu untuk sementara ini nangkring di posisi ketiga klasemen sementara Grup E, dengan hanya mengemas dua poin. Slovakia berada di posisi kedua dengan tiga poin. Dan Swedia yang sejauh ini baru mencetak satu gol saja, menduduki peringkat pertama grup dengan empat poin dan berpeluang besar lolos ke babak 16 besar dengan meraih mininal hasil imbang dalam pertandingan terakhirnya di Grup E melawan Polandia pada 23 Juni nanti.

Di hari yang sama, Spanyol akan berhadapan melawan Slovakia di mana mereka harus menang untuk mengamankan jatah lolos ke 16 besar. Hasil imbang tidak akan cukup karena Slovakia saat ini unggul satu selisih gol atas Spanyol. Sedangkan Polandia masih bisa lolos jika bisa menang melawan Swedia dan Spanyol bisa menakhlukan Slovakia.

 

(stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo