IDWS.ID

Berita Nasional

Film Lokal Masuk Istana, Pertanda Kebangkitan Perfilman Indonesia

31 Mar 2015

 Pada peringatan Hari Film Nasional 2015, Presiden Joko Widodo mengundang para sineas nonton bareng film ‘Cahaya Dari Timur: Beta Maluku,’ di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/3/2015).

Acara yang dipandu aktor Reza Rahadian itu dihadiri para pelaku seni dan sineas perfilman Indonesia. Mereka adalah Glenn Fredly, Angga Sasongko, Chicco Jerikho, Rina Hasyim, Dian Sastro, Nia Dinata, Wulan Guritno, Lukman Sardi, Roy Marten, Chelsea Islan, Didi Petet, Vino G Sbastian, Marsha Timothy, dan masih banyak lagi.

Acara dimulai sekitar pukul 19.00 WIB, dibuka dengan penampilan tarian-tarian daerah, serta Jiung Nand dan Zee Zee Shahab menyanyikan lagu ‘Malem Minggu Nonton Bioskop’--lagu yang dipopulerkan oleh Benyamin S.

Acara ini dibuka dengan pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan.

‘Ini merupakan pertama kalinya film masuk ke Istana. Setelah berabad-abad film tidak pernah hadir di Istana, ini merupakan kebangkitan film Indonesia. Ini merupakan sejarah baru. Terima kasih Pak Jokowi,’ tutur Anis dalam pidatonya.

Anis berharap rangkaian acara ini dapat menyadarkan bangsa Indonesia akan peran penting perfilman Indonesia bagi negara.

Dengan adanya Badan Ekonomi Kreatif, serta campur tangan pemerintah, diharapkan dapat membangun perfilman Indonesia menuju iklim yang lebih baik, sekaligus membangkitkan kreativitas sineas Tanah Air. 

Share    

IDWS Promo