IDWS.ID

Computer

Lawrence 'Larry' Roberts yang Turut Berjasa Besar Mengembangkan Internet Meninggal Dunia di Usia 81 Tahun

04 Jan 2019

IDWS, Jumat, 4 Januari 2019 - Satu dari segelintir perancang internet paling awal di dunia, Lawrence 'Larry' Roberts meninggal dunia pada 26 Desember 2018 di usia 81 tahun. Robert dikenal akan hasil kerjanya saat bekerja sebagai manajer program di salah satu agensi Pentagon, ARPA (Advanced Research Projects Agency) di mana ia mengembangkan pendahulu dari internet yang disebut ARPAnet.

Robert tidaklah seterkenal figur-figur kunci dalam pengembangan internet seperti Tim Berners-Lee atau Vint Cerf. Akan tetapi konstribusinya tidak diragukan lagi telah membentuk jalan menuju internet yang seperti sekarang ini. Ide akan jaringan komputer ke komputer baru mulai terbentuk pada era 60an. Saat itu, Robert dipilih oleh Kepala Kantor Teknik Pengolahan Informasi ARPA Robert Taylor untuk membantu menghubungkan komputer-komputer ARPA dalam satu jaringan.

Roberts pada akhirnya mengimplementasikan ARPAnet, mengajukan gagasan pertukaran paket data untuk mengnangani lalu lintas data (traffic). Roberts meninggalkan ARPA di tahun 1973 namun ia terus memiliki pengaruh yang kuat. Ia membantu mengkomersilkan paket data lewat perusahaannya Telenet dan menghabiskan bertahun-tahun setelahnya untuk meningkatkan kualitas jaringan internet.

Perusahaannya yang lain, Caspian Networks dan Anagran lebih fokus ke peningkatan kualitas pelayanan untuk teknologi seperti video-streaming. Roberts memang jauh dari nama-nama besar seperti Bill Gates atau Steve Jobs, namun intelektual dan determinasinya telah mendorong internet menjadi apa yang kita kenal sekarang ini. (Stefanus/IDWS)


Sumber: Interesting Engineering
Gambar Kover: History Computer

Share    

IDWS Promo