IDWS.ID

Unik

Seekor Lobster Transparan Tak Sengaja Tertangkap Nelayan

10 Aug 2018

Tentunya banyak dari kita tahu lobster. Bahan makanan lezat ini terkenal di seluruh dunia dengan warna merahnya yang terlihat menggiurkan. Lobster pada umumnya memperoleh warna tubuhnya dari campuran pigmen protein kuning, biru, dan merah. seperti di bawah ini:

Sumber: Flickr, Chloe Media

Namun kadang, lobster juga mengalami kelainan mutasi genetik yang membuatnya berwarna lain dari biasanya. Ada yang berwarna biru, putih, bahkan kuning. Namun Lobster 'transparan' amat sangat langka dan disebut-sebut kesempatan untuk menangkap lobster seperti itu adalah 1 banding sejuta.

Dan seorang nelayan dari Maine, Amerika Serikat, bernama Alex Todd bisa dibilang beruntung karena ia tak sengaja menemukan seekor lobster betina transparan dari tangkapannya. Lobster yang terlihat cantik ini nyaris transparan dengan sedikit pigmen biru pada tubuhnya. Jika biasanya kasus albino terjadi karena sama sekali tidak memiliki pigmen, yang menyebabkan warna putih total, maka pada kasus kali ini lobster tersebut hanya kehilangan sebagian dari pigmen warnanya. Fenomena ini dipercaya oleh para nelayan Maine disebabkan oleh kelainan genetik yang disebut leucism.

Sumber: Maine Coast Fishermen's Association/Facebook

Setelah mengambil beberapa foto dari binatang eksotis ini, Todd memutuskan untuk melepaskannya kembali ke alam karena lobster betina tersebut tengah membawa telur-telur dalam tubuhnya yang merupakan tabu bagi para nelayan di sana menangkap lobster betina yang akan bertelur demi menjaga kelestarian mereka.

Share    

IDWS Promo

IDWS Event