IDWS.ID

Travelling

4 Taman di Jakarta untuk Wisata Gratis Akhir Pekan

27 Nov 2014

Jakarta - Ingin berwisata seru namun terkendala dana? Jangan khawatir, dengan dana minim pun traveler masih bisa jalan-jalan asyik di Jakarta. Jakarta banyak memiliki taman-taman keren yang bisa didatangi gratis.

Mengunjungi tempat wisata taman kota tak kalah menarik dengan menyambangi tempat wisata lainnya di Jakarta. Selain menarik, mendatanginya juga tak perlu repot mengeluarkan biaya. Dari penelusuran detikTravel, Rabu (26/11/2014) berikut 4 taman di Jakarta untuk wisata gratis akhir pekan:

1. Taman Ayodya

Taman ini sangat ramai dikunjungi pengunjung khususnya pasangan muda-mudi di malam Minggu, selain gratis taman ini juga semakin ramai karena banyak pedagang kaki lima yang berjualan. Tempatnya yang nyaman dengan pencahayaan yang sedikit redup menjadikan tempat ini favorit bagi sebagian traveler yang ingin bermalam mingguan.

Lokasinya berada di kawasan Barito, Jakarta Selatan, Taman Ayodya adalah tempat wisata gratis yang menarik dikunjungi. Kemeriahan taman ketika malam tiba dengan iringan musisi jalanan yang tidak berhenti bernyanyi menjadi kesan tersediri dari tempat ini.

Jika traveler lapar dan ingin mencicipi kuliner enak, Anda bisa mencoba menyantap gulai tikungan atau terkenal dengan sebutan 'Gultik'. Kuliner ini sangat populer dan tersebar di kawasan Blok M sampai Barito, kita bisa menemuinya dekat greja di samping Taman Ayodya.

2. Taman Suropati

Taman Suropati merupakan taman yang paling ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Taman ini sangat dipadati pengunjung ketika malam Minggu. Akan banyak motor yang terparkir di sisi jalan dekat taman membuat arus lalu lintas sedikit tersendat.

Mengunjunginya tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali, selain untuk berkumpul tempat ini juga semakin meriah karena setiap akhir pekan Taman Suropati juga dijadikan tempat untuk pagelaran musik yang diadakan oleh komunitas Suropati Art. Pedagang makanan di sekitar taman juga semakin melengkapi malam Anda sambil mendengarkan alunan musik Taman Suropati.

Letaknya berada di antara Jalan Imam Bonjol dan Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Meskipun taman ini merupakan tempat wisata gratis tapi pengunjung pun harus tetap bisa menjaga kebersihan area taman. Sehabis menikmati kemeriahan taman dengan makanan yang kita santap, jangan lupa membuang sampah di tempat sampah yang tersedia.

3. Taman Situ Lembang

Ini merupakan taman indah yang jarang diketahui traveler, letaknya sangat dekat dengan Taman Suropati. Namun sedikit tersembunyi di dalam kawasan elit perumahan Menteng menjadikan taman ini kalah populer dengan Taman Suropati. Jika Taman Suropati punya air mancur, Taman Situ Lembang punya danau buatan yang cukup luas dengan jogging track yang nyaman.

Merupakan tempat yang menarik untuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat tercinta. Waktu yang tepat berkunjung ke taman ini adalah ketika sore hari, banyak warga sekitar yang bersantai-santai sambil menikmati pemandangan danau dengan menyantap jajanan murah meriah yang tersedia di sepanjang taman.

4. Taman Menteng

Berada di Jalan HOS Cokroaminoto Taman Menteng pun juga menjadi favorit traveler yang mengicar wisata gratis akhir pekan di Jakarta. Taman ini ramai didatangi pengunjung ketika malam Minggu, selain untuk berkumpul dan wisata kuliner tempat ini juga asyik dijadikan untuk tempat berolahraga.

Taman ini sengaja dibuat untuk menjadi ruang terbuka hijau (RTH) dan juga untuk sarana rekreasi gratis di Jakarta. Semakin menarik karena taman ini terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh warga sekitar dan pengunjung seperti tempat bermain anak-anak, lapangan basket dan juga lapangan futsal.

Uniknya dari taman ini adalah karena disini terdapat dua bangunan rumah kaca dengan berbagai spesies tanaman hias, biasanya rumah kaca ini digunakan sebagai ruang pameran dan acara-acara lainnya. Agar tidak menimbulkan kemacetan, di sana juga tersedia gedung parkir khusus untuk pengunjung Taman Menteng yang berada di sebelah kanan area taman.

 

 

 

Share    

IDWS Promo

IDWS Event