IDWS.ID

Bola Internasional

Bintang Muda Barcelona, Ansu Fati, Jadi Pencetak Gol Termuda Timnas Spanyol Saat Melibas Ukraina 4-0 di Madrid

07 Sep 2020

Ansu Fati, mencetak sejarah bagi negaranya dengan menjadi pencetak gol termuda bagi timnas Spanyol saat melibas Ukraina di Estadio Alfredo Di Stefano, Madrid.

IDWS, Senin, 7 September 2020 - Dalam laga yang digelar pada hari Minggu (6/9) waktu setempat itu, Ansu Fati mencetak gol ketiga Spanyol atas Ukraina di menit ke-32. Spanyol sendiri menang 3-0 pada laga League A grup 4 dari UEFA Nations League tersebut.

Penyerang sayap yang bermain bagi Barcelona itu berusia 17 tahun 311 hari saat mencetak gol bersejarah tersebut, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipeang oleh Juan Errazquin yang mencetak gol di usia 18 tahun 344 hari saat melawan Swiss tahun 1925 silam, melansir laporan Goal.com.

Tak hanya itu, sebelum mencetak gol, Ansu Fati telah lebih dulu memberikan hadiah pinalti bagi Spanyol yang sukses dieksekusi oleh Sergio Ramos menjadi gol pembuka laga di menit ke-3.

 

Ansu Fati (tengah) saat mencetak gol ke gawang Ukraina dan mengukuhkan namanya sebagai pencetak gol termuda timnas Spanyol pada Minggu (6/9/2020). (AP/Bernat Armangue)

Sebelumnya Fati telah menjalani debut internasional bagi timnas Spanyol saat imbang 1-1 melawan Jerman pada Kamis (3/9) di mana ia masuk sebagai pemain pengganti.

Rekor sebagai pencetak gol termuda timnas Spanyol ini melengkapi rekor-rekor yang sebelumnya telah Fati cetak, yakni pemain termuda yang mencetak gol di Liga Champions Eropa (10/12/2019) dan pencetak gol termuda bagi Barcelona (31/8/2019).

Ansu Fati bergabung di akademi Barcelona, La Masia, pada usia 10 tahun. Pemain kelahiran Guinea-Bissau ini meraih debutnya di tim senior pada Agustus 2019 dan menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah klub Catalan saat melawan Osasuna seminggu setelah debutnya. Total, Fati menyumbangkan 8 gol dari 33 penampilannya pada musim lalu bersama Barcelona.

 

Ansu Fati merayakan golnya ke gawang Ukraina dalam laga UEFA Nations League antara timnas Spanyol melawan timnas Ukraina pada Minggu (6/9/2020). (Foto: Twitter/@goal)

Untuk saat ini, Ansu Fati masih terikat kontrak dengan Barca hinga 2022, namun presiden klub Josep Maria Bartomeu mengindikasikan bahwa ia akan menawarkan kontrak jangka panjang bagi Ansu Fati.

"Ia (Ansu Fati) sangat penting bagi masa depan klub. Ansu [Fati] tidak untuk dijual. Ia mewakili para pemain akademi yang lulus, belajar dari, dan mengukuhkan tempatnya di tim utama Barcelona," kata Bartomeu seperti dilansir dari Goal.com.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo