IDWS.ID

Berita Nasional

Hari Ini, Konferensi Asia Afrika ke-60 di Bandung !

24 Apr 2015

Puncak acara peringatan ke-60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) akan dipusatkan di Bandung, Jawa Barat. Namun, tidak semua pemimpin dunia yang hadir saat KAA di Jakarta akan ikut ke Bandung.


Presiden Joko Widodo menetapkan 24 April sebagai Hari Konferensi Asia-Afrika. Penetapan itu merupakan salah satu kesepakatan semua pemimpin negara Asia dan Afrika yang hadir dalam peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika. 

 

"Saya gembira, sidang sepakat menetapkan 24 April sebagai Hari Konferensi Asia-Afrika dan menetapkan Bandung sebagai ibu kota solidaritas," kata Jokowi saat memberikan keterangan kepada pers di Jakarta Convention Center.

 

Jokowi berujar, hasil konferensi yang berlangsung sejak kemarin juga menghasilkan dibentuknya Asia-African Center di Bandung, Jawa Barat. Dia berharap komitmen dan solidaritas negara-negara di Asia-Afrika semakin kuat.

 
 


 

Jokowi mengapresiasi pelaksanaan peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika berjalan dengan baik. Selain itu, ada beberapa rangkaian agenda internasional lain yang mendukung acara tersebut. Antara lain Word Economic Forum on East Asia 2015 dan serangkaian acara penunjang peringatan KAA, seperti KAA Business Summit yang menyepakati pendirian KAA Business Council di Jakarta.

Menurut Jokowi, di sela-sela penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika, dia melakukan 15 kali pertemuan bilateral yang secara umum membahas kerja sama yang kongkret dan nyata.

KAA ke-60 ini dilaksanakan di 2 kota, yaitu Jakarta pada 19-23 April dan Bandung pada 24 April, yang bertepatan hari ini. Agenda KAA meliputi 'Asia-Afrika Bussiness Summit' dan 'Asia-Africa Carnival'. Tema KAA kali ini adalah peningkatan kerja sama negara-negara di kawasan selatan, kesejahteraan, serta perdamaian.



Menurut Direktur Jenderal Asia Pasifik Afrika Kementerian Luar Negeri Yuri Thamrin, beberepa negara absen karena sejumlah alasan. Termasuk di antaranya harus menyelesaikan urusan internal di negaranya masing-masing. Para pemimpin negara Asia-Afrika sendiri direncanakan menuju Bandung menggunakan udara. Hanya Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jingping yang memilih jalur darat. 

Share    

IDWS Promo