IDWS.ID

Berita Nasional

Tiga Terduga Teroris Diringkus di Sibolga, Sumatera Utara, Istri Salah Seorang Tersangka Meledakkan Diri

13 Mar 2019

IDWS, Rabu, 13 Maret 2019 - Husain alias Abu Hamzah, pelaku terduga teroris ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Selasa, 12 Maret 2019 sekitar pukul 14;23 WIB di Sibolga, Sumatera Utara saat pelaku tengah berada di luar rumah. Ia merupakan anggota jaringan terduga teroris RIN alias Putra Syuhada (PS) yang ditangkap di Lampung hari Sabtu (9/3/2019) lalu. Jaringan ini diduga berafiliasi dengan ISIS. 

 

Petugas kepolisian berjaga di lokasi terjadinya ledakan yang diduga bom di kawasan Jl. KH Ahmad Dahlan, Pancuran Bambu, Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara pada Selasa (12/3). (Foto: Antara Foto)

Saat polisi hendak menggeledah rumah Husain yang berlokasi di Jl. KH Ahmad Dahlan, Gang Sekuntum, Pancuran Bambu, Sibolga, sekitar pukul 14:40 WIB, sebuah bom meledak dan melukai petugas. Saat itu, menurut polisi, anak dan istri Husain masih ada di dalam rumah. 

Sejak ledakan bom pertama, polisi terus bernegosiasi selama berjam-jam dengan istri Husain agar menyerahkan diri. Lalu pada Rabu (13/3/2019) dini hari tadi sekitar pukul 02:00 WIB istri Husain meledakkan diri. 

"Info dari lapangan, istri (Husain) meledakkan diri sekitar pukul 02:00 WIB," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Prasetyo kepada wartawan, Rabu (13/3/2019). Sedangkan menurut Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto yang dihubungi oleh detikcom, jasad istri Husain terlempar hingga 70 meter jauhnya dari lokasi. Setelah diperiksa jasadnya hanya tinggal potongan-potongan tubuh dan kini telah dievakuasi ke Rumah Sakit Sibolga. 

Hingga berita ini ditulis, tim Densus dikabarkan belum menemukan jasak anak Husain yang sebelumnya disebut juga berada di dalam rumah bersama istri Husain. 

 

2 Terduga Teroris Lainnya Juga Ditangkap

Lokasi di sekitar rumah yang disambangi Densus 88 di Jl. Kutilang, Sibolga. (Foto: Abdi Somat/detikcom)

Agus Andrianto menambahkan: "Kejadian di Sibolga merupakan pengembangan penangkapan Densus 88 jaringan ISIS di Sumatera. Densus bergerak dan ditangkap satu terduga di Lampung dengan pengembangan di Sibolga. Tim Bergerak di Sibolga, ada 3 orang yang ditangkap, selain Abu Hamzah (Husain), ada AHH dan AR alias D." 

Pagi ini, polisi meledakkan (disposal) benda diduga bom mlik terduga teroris di Sibolga. "Sekitar pukul 08.00-09.00 WIB, ada benda-benda yang diduga bom dilakukan penetrasi dan dijinakkan dengan cara diledakkan oleh tim Gegana Brimob," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (13/3/2019).

Ada dua lokasi yang didatangi polisi pasca penangkapan terduga teroris Husain alias Abu Hamzah dan dua orang lainnya. Selain di Jl. KH Ahmad Dahlan, Gang Sekuntum, tim gabungan Polri datang ke Jl. Kutilang, Sibolga.

Di rumah di Jl. Kutilang ini, terdengar beberapa ledakan yang merupakan hasil kerja polisi (disposal). Pada pukul 11:00 WIB, polisi kembali bergeser ke rumah Abu Hamzah di Jl. KH Ahmad Dahlan. 

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: detik.com

Share    

IDWS Promo