IDWS.ID

Science

YouTuber Sewa Helikopter Untuk Menyelesaikan Perdebatan Seputar Pertanyaan Fisika Kontroversial

29 Oct 2021

Pada 2014 silam, sebuah pertanyaan ujian mengenai skenario bentuk tali yang tergantung pada sebuah helikopter jadi perdebatan di kalangan pendidikan karena perbedaan pendapat yang sengit.

IDWS, Jumat, 29 Oktober 2021 - Untuk menyelesaikan perdebatan tersebut untuk selamanya, seorang YouTuber akhirnya menyewa helikopter sungguhan untuk mengetahui jawaban mana yang benar.

Pertanyaan viral itu sendiri muncul dalam ujian kualifikasi bagi Tim Fisika Amerika Serikat tahun 2014. Kunci jawaban dari pertanyaan ujian tersebut menunjukkan bahwa jawaban yang benar adalah D. Akan tetapi banyak akademisi yang sanksi akan jawaban tersebut dan mempertanyakan kebenarannya, sehingga dimulailah perdebatan sengit yang tak kunjung usai hingga akhirnya kanal YouTube Veritasium melakukan eksperimen nyata menggunakan helikopter sungguhan. 

"Sebuah helikopter terbang secara horizontal dengan kecepatan konstan. Seutas kabel yang sangat fleksibel terikat di bawah helikopter. Friksi udara tidak dihiraukan. Diagram mana di bawah ini yang menunjukkan bentuk kabel yang tepat jika helikopter itu terbang ke arah kanan?" Inilah opsi dari jawaban yang tersedia:

 

(AAPT)

Jawaban mana yang menurut kalian benar? Sebelum menjalankan eksperimennya, Derek Muller yang menjalankan kanal YouTube Veritasium membuat sebuah polling di mana pilihan jawaban C paling banyak dipilih, diikuti oleh B. Sama sekali tidak ada yang menjawab E.

Setelah eksperimen, ternyata hampir semua jawaban kecuali A adalah benar tergantung dari kecepatan helikopter dan kecepatan angin — faktor yang sama sekali tidak didefinisikan dalam pertanyaan kontroversial tersebut, sehingga kesimpulannya adalah pertanyaan tersebut terlalu ambigu.

 

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Interesting Engineering

Share    

IDWS Promo