IDWS.ID

Science

Spesies Kumbang Baru Dinamakan Tiga Burung Legendaris Di Pokemon

19 Mar 2021

IDWS.ID – Apakah kamu penggemar Pokémon? Jika iya, pasti tidak asing lagi dengan trio burung legendaris Articuno, Zapdos, dan Moltres atau juga dikenal sebagai Maboroshi no Tsubasa/ Winged Mirages. Nama trio burung legendaris region Kanto dari generasi pertama Pokémon tersebut dipakai untuk menamakan tiga spesies baru kumbang di Australia.

Mereka adalah Profesor Entomologi dari Eastern New Mexico University, Dr. Darren Pollock dan rekannya Yun Hsiao, Ph.D. Dua peneliti tersebutlah yang menamakan spesies kumbang baru di Australia dengan nama Binburrum Articuno, Binburrum Zapdos, dan Binburrum Moltres. Nama yang cukup unik mengingat yang mereka temukan adalah kumbang, namun diberi nama burung.

Penamaan yang dibagikan Yun Hsiao

Dilansir dari laman ENMU, mereka menceritakan alasan di balik penamaan tersebut. Dr. Darren Pollock ketika masa program Ph.D., menemukan genus baru kumbang dari Australia dan lalu ia beri nama Binburrum. Sekitar setahun lalu, Yun menemukan beberapa spesimen dari Binburrum. Darren dan Yun sepakat untuk berkolaborasi dalam sebuah paper mendeskripsikan spesies baru. Dikarenakan hanya ada sedikit spesimen yang bisa dipelajari, mereka mengambil tiga spesies yang sangat mencolok perbedaannya.

Yun mengatakan pada masa kecilnya, ia bercita-cita ingin menjadi Trainer Pokémon. Karena tingkat kelangkaan dari spesimen dari tiga spesies yang ada, Yun mengajukan nama trio burung legendaris di Pokémon. Darren merasa nama itu adalah ide yang bagus. Pada akhirnya ketiga spesies tersebut dinamakan Binburrum Articuno, Binburrum Moltres, Binburrrum Zapdos. 

Share    

IDWS Promo