IDWS.ID

Computer

Pencipta Perintah 'Copy', 'Cut', dan 'Paste' di Komputer Meninggal Dunia di Usia 74 Tahun

20 Feb 2020

IDWS, Kamis, 20 Februari 2020 - Larry Tesler yang dikenal sebagai "bapak copy-paste" serta ikon pada masa awal komputer, meninggal dunia pada Senin (17/2) pada usia 74 tahun karena sebab yang tidak diungkapkan.

Tesler bekerja di Silicon Valley pada awal 1960an di mana pada saat itu, komputer belum tersedia bagi mayoritas orang.

 

Larry Tesler semasa muda. (Getty Images via BBC)

Adalah berkat berbagai inovasinya lah, personal komputer (PC) jadi simpel dan mudah digunakan bagi khalayak luas. Salah satu inovasinya yang paling terkenal adalah perintah "cut", "copy", dan "paste".

Xerox, tempat di mana Tesler menghabiskan sebagian karirnya, turut berduka atas kepergiannya.

"Pencipta dari cut/copy, paste, find, replace, dan masih banyak lagi, adalah eks peneliti Xerox, Larry Tesler. Keseharian kalian jadi lebih mudah berkat ide-ide revolusinya," cuit Xerox di Twitter.

 

 

Mengenal Larry Tesler lebih dekat

Tesler lahir di Bronx, New York, pada tahun 1945 dan menimba ilmu di Universitas Stanford di Carolina. Setelah lulus, ia mengambil spesialisasi di bagian desain antar muka (user interface) atau tak lain adalah bagaimana membuat sistem komputer lebih bersahabat bagi para penggunanya.

 

Larry Tesler. (Variety.com)

Ia bekerja bagi beberapa perusahaan teknologi ternama sepanjang karirnya. Dimulai dari Xerox Palo Alto Research Center (Parc), ia lalu direkrut oleh Steve Jobs untuk bekerja di Apple. Di sana ia menghabiskan 17 tahun dan memangku jabatan peneliti kepala.

Setelah meninggalkan Apple, ia lalu mendirikan sebuah perusahaan start-up yang berfokus pada edukasi. Ia juga sempat bekerja di Amazon dan Yahoo.

Inovasi Tesler yang paling terkenal dan berpengaruh, tak lain adalah perintah cut, copy dan paste — yang disebutkan dibuat berdasarkan metode editing lawas di mana orang-orang akan memotong penggalan teks di media seperti kertas, lalu menempelkannya di bagian lain.

Perintah cut, copy dan paste ditanamkan di perangkat lunak Apple, tepatnya di komputer Lisa pada 1983 dan Macintosh orisinil yang dirilis setahun kemudian. Kini semua orang yang mendapat akses ke komputer atau perangkat elektronik dengan fitur pengetikan dipastikan menggunakan fitur inovasi Tesler tanpa mengetahui bahwa inovasinya tersebut menentang tren komputer pada zamannya.

Terima kasih Larry Tesler, istirahat dengan tenang di sana!

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: BBC.com

Share    

IDWS Promo