IDWS.ID

Otomotif

Tak Dikekang Usia, Max Biaggi Pecahkan Rekor Kecepatan Motor Listrik Hingga 408 Km/Jam

05 Nov 2020

Hampir berusia kepala lima tak menghentikan Max Biaggi membuktikan diri sebagai salah satu pebalap bernyali tinggi.

IDWS, Kamis, 5 November 2020 - Eks pebalap MotoGP yang kini sudah berusia 49 tahun itu baru-baru ini memecahkan rekor kecepatan motor listrik dengan menunggangi motor Voxan Wattman. Mengingat pengalamannya mengendarai motor kelas 500 cc dua tak, MotoGP, hingga Superbike, sebenarnya tidak terlalu mengejutkan apabila pebalap asal Italia itu masih bertaji dalam mengendarai motor.

 

Aksi Max Biaggi mengendari motor listrik Voxan Wattman. (Dok. Voxan Motors)

Kali ini Max Biaggi mencoba tantangan baru dengan menakhlukan Voxan Motors. Setelah beberapa kali melakukan percobaan, Biaggi sukses memecahkan rekor kecepatan di atas motor listrik yang diselenggarakan di bandara Châteauroux, Prancis.

Dilansir dari detikcom, setidaknya ada 11 rekor dari 12 kategori yang berhasil dipecahkan Biaggi. Fokus utamanya tentu adalah kategori motor listri dengan berat lebih dari 300 kg. Rekor sebelumnya adalah 329 km/jam, sedangkan Biagggi mampu melampauinya dengan kecepatan hingga 366,94 km/jam.

 

Max Biaggi sukses memecahkan rekor motor listrik tercepat dengan menembus angka 408 km/jam. (Dok. Voxan Motors)

Menurut Voxan Motors seperti dilansir dari detikcom, Biaggi bahkan menambah rekornya menjadi 408 km/jam pada hari ketiga.

"Tanpa suara bising, motor listrik, pengembangan tenaga yang sama sekali berbeda dengan mesin pembakaran dan tidak ada lawan langsung, itulah perbedaan yang paling jelas. Hal baru terbesar bagi saya adalah kecepatannya," kata Biaggi.

"Saya belum pernah mendekati 400 km/jam sebelumnya dan percayalah, kecepatan ini mengubah perspektif ruang yang mengelilingi kita. Aerodinamika sangat penting, karena udara praktis merupakan dinding dan menarik gaya. Anda berpegangan pada sepeda motor sambil mencoba mencapai kecepatan yang tak terbayangkan ini. Itu tantangan baru bagi saya," tambahnya.

 

Meski hampir berusia kepala lima, nyali Biaggi tidak ciut untuk memecahkan rekor tercepat motor listrik. (Dok. Voxan Motors)

"Mereka bekerja untuk mencapai tujuan ini dengan kecepatan 4 ... km/jam (lebih dari 400 km/jam) di dasbor. Dan ketika Anda akhirnya sampai di sana, itu kepuasan yang sangat besar--tetapi Anda segera memikirkan apa yang selanjutnya. Setiap orang harus memiliki adrenalin seperti itu sekali dalam hidup mereka," tutup Biaggi.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo