IDWS.ID

Olahraga

Update Medali Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Pada Rabu 11 Mei 2022

11 May 2022

Indonesia meraih delapan medali SEA Games 2021 hingga Rabu (11/5/2022) atau sehari sebelum pembukaan resmi multievent terbesar di Asia Tenggara itu. 

IDWS, Rabu, 11 Mei 2022 - Perincian delapan medali tersebut adalah tiga emas, empat perak, dan satu perunggu. Emas dan perak diraih lewat dua cabang olahraga (cabor) pencak silat dan rowing atau dayung. 

Medali perunggu didapat melalui aksi kickboxer Nadya Nakhoir, yang turun di nomor Women's Full Contact -48 kilogram. Adapun emas pertama Indonesia dipersembahkan atlet dayung Ardi Isadi dan Kakan Kusmana yang bertanding di nomor Men's Lightweight Double Sculls.

Ardi Isadi dan Kakan Kusmana mengalahkan wakil Filipina, Cris Nievarez Marasigan/Christian Joseph Jasmin Del Rosario, dengan catatan waktu 7 menit 1,385 detik.  Memo dan Sulpianto yang bertanding di nomor Men's Double Sculss juga sukses membawa pulang medali emas usai mengalahkan Thailand. 

 

Ardi Isadi dan Kakan Kusmana (tengah) meraih medali emas cabang olahraga (cabor) dayung nomor Men's Lightweight Doubles Sculss yang bergulir di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center, Rabu (11/5/2022). (NOC Indonesia/MP Media/Arie Prijono)

Medali emas lainnya tercatat atas nama Ririn Rinasih dan Riska Hermawan di nomor seni ganda putri cabor pencak silat yang menang atas Nguyen Thi Thu Ha/Nguyen Thi Huyen (Vietnam). 

Pencak silat juga mempersembahkan dua medali perak melalui tunggal putri Puspa Arum Sari dan beregu putra Anggi Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani, dan Nunu Nugraha. 

Hal sama juga terjadi di cabor dayung, mereka turut menyumbangkan dua perak di nomor Women's Quadruple Sculls dan Women's Coxless Four. 

Ferry Kono selaku Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 berharap hasil ini menjadi dorongan bagi tim Merah Putih. 

"Alhamdulillah. Pagi ini, atlet-atlet Indonesia dari cabang olahraga rowing dan pencak silat memberikan sumbangan luar biasa. Hari ini total Indonesia mendapatkan 3 medali emas, 4 perak," kata Ferry Kono dalam rilis NOC Indonesia seperti dikutip dari Kompas.com pada Rabu (11/5/2022).  

"Dari rowing, kita mendapatkan medali emas perdana untuk Indonesia. Secara total, rowing menyumbangkan 2 emas dan 2 medali perak kepada Merah Putih hari ini," kata dia.

"Saya sebagai CdM sangat bangga dengan perjuangan atlet-atlet Indonesia. Cabor rowing yang telah mempersembahkan medali emas dan perak perdana kita di SEA Games Vietnam, tepat satu hari jelang opening ceremony yang baru diadakan besok," ujar Ferry Kono. 

"Saya berharap medali emas yang diberikan cabang olahraga rowing ini bisa menjadi pijakan awal untuk tim Indonesia berprestasi lagi pada hari-hari selanjutnya," katanya. 

Ferry Kono pun meminta doa kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tim Merah Putih bisa mendapatkan hasil terbaik pada cabor-cabor lainnya di SEA Games 2021.

"Selain rowing, pencak silat juga sudah bertanding dan kita mendapatkan satu emas serta dua perak. Mari kita doakan bersama agar bisa mendapatkan hasil terbaik untuk Merah Putih," ujar Ferry Kono.

Update Medali Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam hingga Rabu (11/5/2022):

Emas

  • Kakan Rusman & Ardi Isadi (Rowing-Men’s Lightweight Double Sculls)
  • Sulpianto dan Memo (Rowing-Men’s Double Sculls)
  • Riska Hermawan & Ririn Rinasih (Pencak Silat-Women’s Double)

Perak 

  • Putri Agni Anugerah/Maslin Efrilia/Annisa Meilani Yahya/Dewi Purwanti (Rowing-Women’s Quadruple Sculls)
  • Syiva Lisdiana/Aisah Nabila/Julianti/Chelsea Corputty (Rowing-Women’s Four)
  • Putri Arum Sari (Pencak Silat-Women’s Single) 4) Anggi Faisal Mubarok/Asep Yuldan Sani/Nunu Nugraha (Pencak Silat-Men’s Team)

Perunggu 

  • Nadya Nakhoir (Kickboxing-Women’s Full Contact -48 kg)

 

Artikel Asli

Share    

IDWS Promo