IDWS.ID

Olahraga

Atlet Gantole Sumbar yang Bertanding di PON XX Papua Jatuh dan Tersangkut di Atap Rumah Warga

04 Oct 2021

Seorang atlet gantole yang berpartisipasi dalam PON XX Papua 2021 jatuh dan tersangkut di atap rumah warga saat bertanding.

IDWS, Senin, 4 Oktober 2021 - Atlet gantole tersebut bernama Khaidir Anas asal Sumatera Barat, sedangkan insiden yang menimpanya itu terjadi pada Minggu (3/10/2021) kemarin.

Pelatih gantole tim Sumatra Barat, Philips R. Sakti menduga bahwa insiden jatuhnya Khaidir Anas tersebut karena penggunaan layangan baru berteknologi canggih pada pertandingan hari Minggu siang kemarin. Menurutnya, Khaidir telah menggunakan alat baru itu dalam latihan.

"Alat ini memiliki mobilitas yang tinggi dan juga liar untuk dikendalikan. Selain itu, alat ini mampu membuat atlet menyelesaikan kategori lintas alam dalam waktu yang cepat," kata Philips seperti dikutip dari Kompas.com mengutip Antara.

 

 

Philips juga menyebutkan ini bukan kali pertama Khaidir mengalami masalah dengan alat baru tersebut. Khaidir pernah mencoba menggunakan alat baru tersebut untuk melakukan aero touring dengan ditarik gantole bermotor, namun gagal.

Kemudian dalam sebuah perlombaan di Banten, motor penarik gantolenya yang rusak.

"Saat di PON Papua ini ada waktu untuk latihan jelang tanding. Namun, Khaidir tidak mendapatkan jadwal tersebut dan layangan itu digunakan pada perlombaan tadi," ujarnya.

Menurut pengakuan Philips, dirinya sudah memperingatkan Khaidir agar menggunakan layangan lama saja, namun Khaidir tetap keukeuh menggunakan yang baru hingga insiden tersangkut di atap rumah warga dalam pertandingan PON XX Papua 2021 itu terjadi. Kini menurut Philips, Kaidir sudah mendapat perawatan intensif.

 

Atle gantole Sumbar Khaidir Anas saat diselamatkan warga pada hari Minggu (4/10/2021) kemarin. (Youtube/detikcom)

Saat ia terjatuh, yang mendarat kali pertama ke tanah adalah keningnya sehingga menyebabkan lecet dan lebam. Karena syok, Khaidir juga mengalami sesak napas. Dari hasil tes radiologi, ada tulang punggung yang merenggang. Akibtanya, ia tidak dapat melanjutkan pertandingan.

"Hasil ini tentu membuat Khaidir Anas tidak dapat melanjutkan pertandingan di kelas A untuk kategori lintas alam," ujarnya. Ia pun berharap Khaidir bisa membaik dalam waktu dekat.

"Saya berharap dia segera sembuh dan tidak memberikan dampak kepada rekan lainnya," harapnya.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo