IDWS.ID

Books

Fujiko A. Fujio Kreator dari Manga 'Ninja Hattori' Tutup Usia Hari Ini

07 Apr 2022

Fujiko A. Fujio, kreator manga (mangaka) yang dikenal berkat karyanya Ninja Hattori-kun dan The Laughing Salesman, meninggal dunia pada hari Kamis ini.

IDWS, Kamis, 7 April 2022 - Fujiko A. Fujio diketahui meninggal di rumahnya di dekat Tokyo, Jepang pada Kamis (7/4/2022). Ia meninggal di usia 88 tahun. Melansir pemberitaan Animenewsnetwork, polisi menerima panggilan telepon yang mengatakan bahwa seseorang jatuh tak sadarkan diri pada pukul kurang lebih 8.40 pagi waktu setempat.

Sayangnya saat polisi datang ke lokasi, orang tersebut, yang kemudian diidentifikasi sebagai Fujiko A. Fujio, telah meninggal dunia.

Polisi tidak menemukan adanya cedera atau luka yang mencurigakan sehingga kematian Fujiko A. Fujio dideklarasikan sebagai kematian natural.

Jika kalian merasa nama Fujiko A. Fujio familiar, maka hal itu lumrah saja. Fujiko A. Fujio adalah nama pena dari Motoo Abiko. Ia dulunya bekerjasama dengan teman masa kecilnya Hiroshi Fujimoto yang lebih dikenal dengan nama pena Fujiko F. Fujio. Keduanya adalah teman sejak kecil.

 

Motoo Abiko alias Fujiko F. Fujio meninggal dunia di usia 88 tahun. (Kyodo/Nikkei Asia)

Kedua mangaka tersebut bekerjasama untuk membuat manga pada 1951. Mereka mulai menggunakan nama pena Fujiko Fujio secara kolektif mulai tahun 1954. Bersama-sama, duet sahabat ini menciptakan manga legendaris Doraemon pada 1969.

Hanya saja lambat laun terjadi konflik kreativitas antar kedua sahabat yang membuat mereka kemudian berpisah pada 1987 dan masing-masign mulai memakai nama pena yang sedikit berbeda.

Motoo Abiko menggunakan nama pena Fujiko A. Fujio dan merilis Ninja Hattori, sedangkan Fujiko F. Fujio melanjutkan serial Doraemon yang mendunia.

Fujiko F. Fujio meninggal lebih dulu pada 23 September 1996 di usia 62 tahun. 26 tahun kemudian, Fujiko A. Fujio akhirnya juga tutup usia menyusul sahabatnya itu.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo