IDWS.ID

Books

Mangaka Indonesia Resmi Debut di Industri Manga Jepang!

16 Dec 2019

IDWS, Senin, 16 Desember 2019 - Manga merupakan salah satu hasil dari budaya Jepang yang terkenal di dunia. Kepopuleran manga tidak mengenal batas. Siapa yang tidak pernah mendengar One Piece, Bleach, Naruto, Berserk, atau Doraemon? Judul-judul tersebut merupakan manga yang telah sukses menembus pasar global hingga dianggap sebagai harta budaya Jepang di mata dunia.

Dan kini, seorang mangaka (pembuat manga) asal Indonesia bernama Alex Irzaqi, telah memulai debutnya di industri manga Jepang yang penuh persaingan pada Web Coming Zenyon, membuatnya menjadi anggota ketiga dari SILENT MANGA AUDITION MasterClass yang sanggup mencapai mimpi ambisius tersebut. Ia membuat debutnya lewat manga oneshot berjudul REFORMER pada Jumat, 13 Desember 2019 dan sudah bisa dibaca di situs Web Comic Zenon.

 

Manga REFORMER digambar oleh mangaka Indonesia, Alex Irzaqi. (Dok. Comic Zenon)

Awalnya diciptakan oleh mangaka yang telah diakui di Jepang, Toshiaki Yamada (The Tactician of Wind -Kuroda Kanbei- atau Gifuu Doudou!! Kaze no Gunshi), REFORMER mengisahkan seorang anti-hero bernama Mizuno, eks pembunuh bayaran dengan masa lalu misterius yang seringkali bertindak lebih dulu sebelum berpikir.

 

Proses pengerjaan REFORMER oleh Alex Irzaqi. (manga-audition.com)

REFORMER merupakan manga ketiga dari Zenon Creator Audition — setelah Midnight Shadow karya SIDEBURN004 dan Joze and the Magical Mansion karya Koerniawan Soesanto, yang dipublikasikan oleh COAMIX Inc. REFORMER membuka kesempatan besar bagi Alex Irzaqi untuk memperkenalkan talentanya kepada para penggemar manga di Jepang.

 

Siapa Alex Irzaqi?

Alex Irzaqi merupakan pemenang dari SMA Grand Prix Award pertama lewat manga berjudul Excuse Me. Ia secara konsisten mampu membuat para juri terkagum-kagum akan penggambaran action tanpa cela pada karya-karyanya.

 

(Dok. Comik Zenon)

Irzaqi juga banyak berkonstribusi dalam SILENT MANGA AUDITION termasuk karya oneshot-nya berjudul "Hujan di Tepian Teduh" pada 2017 silam. Sederet prestasi itu membuatnya terpilih untuk menghidupkan konsep REFORMER karya Yamada-sensei.

Terlahir di Gresik, Alex tinggal di Bandung serta terlibat dalam sebuah komunitas kreatif yang didedikasikan untuk menciptakan manga orisinil. Bersama dengan kolega-koleganya, Alex membuat sebuah tim yang terdiri dari para komik antusias untuk mempublikasikan karya mereka di bawah naungan nama Ragasukma.

Beberapa karya dalam Bahasa Indonesia telah mereka ciptakan, dan Ragasukma kini tengah dalam proses untuk memecahkan rekor penjualan komik di wilayahnya.

"Saya sangat bahagia diberi kesempatan untuk menggambar sebuah manga dengan segenap kekuatan saya," tutur Alex.

Selamat Alex, semoga talentamu bisa diterima di Jepang dan karya-karyamu bakal disukai semua orang dari segala negara!

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: Manga-audition.com

Share    

IDWS Promo