IDWS.ID

Unik

Viral Video Pernikahan Pria dengan Domba Betina di Gresik Demi Konten, Malah Bikin Resah Publik

08 Jun 2022

Sebuah video di mana seorang pria menikah dengan seekor domba betina jadi viral di media sosial dan kalangan warganet Indonesia.

IDWS, Rabu, 8 Juni 2022 - Pria itu diketahui bernama Saiful Arif (44) yang dalam video disebut sebagai "Satrio Paningit". Ia menikah dengan seekor domba betina yang diberi nama Sri Rahayu Binti Bejo. Melansir laporan Tribunnews.com, pernikahan itu digelar di Pesanggrahan Ki Ageng di Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng, Gresik, pada Minggu (5/6/2022) sore WIB.

Yang membuat video tersebut kontroversial adalah prosesi pernikahan itu digelar menggunakan adat istiadat Jawa serta bahasa keagamaan yang selama ini dikenal lekat dengan suatu agama di Indonesia. Maka dari itu, video tersebut membuat publik tidak nyaman.

 

Tangkapan layar video pernikahan pria dengan domba betina di Gresik. (YouTube Sulselsatu)

Pernikahan pria dengan domba itu rupanya hanyalah untuk konten semata. Arif, pembuat video tersebut, adalah seorang kreator konten di YouTube dan TikTok. Tujuan awal konten pria menikah dengan domba untuk mengangkat engagment demi mendapatkan like yang banyak.

Arif bersama pemilik pesanggrahan tempat digelarnya pernikahan tersebut, Nur Hudi Didin Arianto yang juga adalah anggota DPRD Gresik telah menyampaikan permintaan maaf dan klarifikasi kepada publik pada Senin (6/6/2022) lalu yang juga dihadiri Plt Camat Benjeng Sulikhah, kepala Desa Jogodalu hingga MUI Kecamatan Benjeng.

Menurut Nur Hudi sebagai pemilih pesanggrahan, sejak awal ia memang mengetahui bahwa pernikahan itu hanyalah konten. Ia kemudian berpesan agar tidak menggunakan bahasa keagamaan apapun kepada pihak-pihak yang terlibat. Namun praktiknya justru keceplosan.

"Di awal sudah saya sampaikan ke teman-teman, kepada kyai, ini hanya konten supaya mendapat like yang banyak. Proses di situ sudah saya pesan jangan sampai ada menggunakan bahasa keagamaan apapun. Dalam prosesi keceplosan dan berhubung tersebar terlebih dahulu. Kesalahan di situ menimbulkan Ketidaknyamanan di publik. Saya pribadi memohon maaf sebesar-besarnya saya tidak bermaksud untuk melecehkan agama dan melecehkan budaya," kata Nur Hudi seperti dikutip dari Tribunnews.com.

 

Permohonan maaf dan klarifikasi pemilik konten, Arif (tiga dari kanan) di Pesanggrahan Keramat Ki Ageng Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng, Senin (6/6/2022). (Tribunnews.com/Surya Malang)

 

Nur Hudi kena masalah karena video pernikahan pria dan kambing

Badan Kehormatan DPRD Gresik menggelar rapat menyikapi viralnya video pria menikah dengan domba. Dalam pertemuan itu juga dihadiri anggota DPRD Gresik yang juga berasal dari Partai NasDem, Muhammad Nasir.

Nur Hudi Didin Arianto yang merupakan Sekretaris Komisi IV DPRD Gresik Gresik sekaligus politisi partai Nasdem ini terseret masalah karena pernikahan itu dilaksanakan di Pesanggrahan Keramat Ki Ageng miliknya.

Muhammad Nasir mengaku kena prank saat mendatangi undangan pernikahan tersebut. Muhammad Nasir yang juga ketua Badan Kehormatan DPRD Gresik mengaku akan merapatkan terlebih dahulu bersama anggota BK lainnya.

"Saya akan rapatkan dengan anggota dulu. Secara lembaga belum dapat perintah dari pimpinan jadi masih belum.

Entah besok kita rapat internal dulu," kata Nasir, Selasa (7/6/2022), seperti dikutip dari Tribunnews.com.

BK DPRD Gresik terdiri Jamiyatul Mukaromah selaku wakil Ketua, Mega Bagus, Abdullah Munir dan Mustajab sebagai anggota. Rapat internal, kata Nasir, akan digelar dalam waktu dekat.

"Rapat internal untuk menyikapi, kita tidak kepingin marwah DPRD Gresik tercoreng," tutupnya.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Tribunnews.com 1/2

Share    

IDWS Promo