IDWS.ID

Unik

Penjahat Tewas Terkena Ledakan Saat Membuat Video Tutorial Cara Bobol ATM dengan Bom

01 Oct 2021

Sembilan orang ditangkap terkait 15 kasus pengeboman mesin ATM di Jerman dan Belanda, namun ada hal kocak dalam kasus tersebut.

IDWS, Jumat, 1 Oktober 2021 - Kerjasama antara kepolisian Jerman dan Belanda berhasil membekuk komplotan pengebom ATM yang meneror kedua negara itu. Total sembilan pelaku berhasil dibekuk dalam operasi yang digelar selama 18 bulan lamanya.

Europol — kesatuan penegak hukum Eropa yang memfasilitasi kerjasama polisi antar negara Eropa — mengungkapkan bahwa salah satu titik terang dalam keberhasilan penangkapan tersebut adalah blunder dari komplotan itu sendiri.

Dua orang anggota komplotan tersebut membuat video tutorial cara mengebom mesin ATM dengan efektif dan efisien bagi rekan-rekannya menggunakan mesim ATM yang mereka beli sendiri, Hanya saja mereka membuat kesalahan sehingga bom tanpa sengaja meledak, menewaskan salah seorang di antaranya dan anggota satunya lagi mengalami luka bakar parah. Polisi pun menyadari aktivitas itu dan berhasil mengembangkan penyelidikan kasus pengeboman ATM di Belanda dan Jerman berkat blunder tersebut, yang disebut terjadi pada September 2020.

"Dua terduga kriminal itu membuat video tutorial [cara meledakkan ATM] yang nantinya akan diberikan ke anggota-anggota komplotannya. Pelaku utama yang berusia 29 tahun tak sengaja meledakkan bom itu hingga tewas. Sementara rekannya yang berusia 24 tahun mengalami luka bakar parah dan telah ditahan," ungkap juru bicara Europol pada 30 September 2021 seperti dilansir dari The Guardian.

 

Sebuah mesin ATM yang telah diledakkan di Jerman diperlihatkan ke media pada Desember tahun lalu. Sachelle Babbar/Zuma/Rex/Shutterstock

Kepolisian Belanda yang dibantu oleh Europol sebelumnya ternyata telah curiga akan adanya pemesanan berbagai jenis mesin ATM di Utrecht.

"Kedua kriminal itu memesan berbagai model mesin ATM lalu merekam tutorial cara mengebom mesin-mesin tersebut dengan efektif menggunakan bom buatan mereka sendiri," tegas Europol.

Berkat blunder tersebut, kepolisian Belanda dibantu Europol berhasil menangkap tiga anggota komplotan pembobol ATM lainnya di Utrecht, Amsterdam, dan The Hague pada Selasa (27/9/2021). Karena berasal dari Jerman, ketiganya akan diekstradisi ke sana. Enam pelaku lainnya telah ditangkap di Belanda dalam setahun terakhir.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: The Guardian

Share    

IDWS Promo