IDWS.ID

Unik

Video TikTok Kemenkes Jadi Viral Karena Hadirkan Karakter Anime Ogiwara Sayu untuk Ajak Remaja Ikut Vaksinasi COVID-19

29 Jun 2021

Kampanye vaksinasi COVID-19 oleh Kementerian Kesehatan RI (KEMENKESRI) jadi viral di kalangan weaboo (wibu, penggemar Jejepangan terutama anime) di Indonesia. Ada apa gerangan?

IDWS, Selasa, 29 Juni 2021 - Rupanya kampanye yang disampaikan lewat sebua hvideo di akun resmi TikTok Kemenkes itu menghadirkan karakter heroine dari anime populer Hige wo Soru, Ssshite Joshikouse wo Hirou (lebih dikenal sebagai Higehirou), Ogiwara Sayu, yang mengajak kaum muda untuk ikut vaksinasi COVID-19.

Ogiwara Sayu diceritakan sebagai seorang murid SMA yang melarikan diri dari rumah, kemudian tinggal bersama seorang pria kantoran yang berusaha untuk tidak melakukan hal macam-macam kepada Sayu, dan bahwa dirinya murni hanya ingin menolong gadis remaja itu.

Sayu dalam unggahan TikTok Kemenkes digambarkan mengajak seorang remaja bernama Yudha untuk mengikuti vaksinasi COVID-19.

"NANI?! Sayu Chan!" kata Yudha terperangah.

@kemenkesri

Kasihan belom tau, mana masih muda lagi. #samasamabelajar #wibuindonesia #KemenkesRI ? ???????? - ????

Unggahan video parodi ini viral dan telah dibagikan 40-an ribu kali, mendapat 383 ribu lebih likes, dan dibanjiri 38 ribu komentar. Sebagian besar adalah para wibu yang tidak menyangka akun resmi 'centang biru' Kemenkes RI membuat konten berbau 'Jejepangan'.

Beberapa komentar lain memberikan apresiasi positif atas upaya Kemenkes RI mendekatkan diri kepada kaum muda. Ajakan untuk ikut vaksinasi COVID-19 bertebaran di kolom komentar.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI, drg Widyawati, MKM, saat dihubungi detikcom membenarkan bahwa video tersebut adalah buatan Kemenkes RI.

"Kami coba buat yang muda-muda," kata drg Wiwid, sapaan akrabnya, seperti dikutip dari detikcom.

 

(Steanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo