IDWS.ID

Unik

11 Stasiun yang Keindahannya Menyaingi Istana

30 Dec 2018

IDWS, Minggu, 30 Desember 2018 - Mungkin kamu pernah punya pengalaman tak mengenakkan di stasiun metro sebelumnya. Biasanya, stasiun memang bukanlah tempat paling bersih atau aman untuk dikunjungi. Entah debu atau bau-bau kurang sedap, selalu saja ada aspek yang kurang mengenakkan. Mungkin tak pernah terpikir bagi kalian pergi ke stasiun di kotamu untuk menikmati pemandangan indah. Nah lho, ngapain?? Kalau cari pemandangan indah ya ke tempat wisata!! Eitsss, tunggu dulu. Kamu berpikir demikian mungkin karena belum mengetahui beberapa stasiun berikut ini.

Dari Swedia sampai Taiwan, ada banyak stasiun yang bahkan saking indahnya, bisa menyaingi istana! Stasiun-stasiun tersebut memang didesain khusus untuk membuat para pengunjungnya nyaman dan tenang sehingga mempermudah mereka melewati hari-hari yang penuh kepenatan. Yuk, kita tengok 11 stasiun metro dengan pemandangan menakjubkan di bawah ini!

Stasiun Toledo

Sumber: Oscar Tusquets

Stasiun terkenal ini terletak di kota Naples, Italia, dan merupakan salah satu stasiun paling terkenal di dunia! Berada 50 meter di bawah kota Naples, stasiun ini memiliki fitur cahaya-cahaya kebiruan di sepanjang dinding stasiun. Diciptakan oleh seniman Robert Wilson dan firma asal Spanyol Oscar Tusquets, panel-panel cahaya di stasiun Toledo membuat para pengunjung serasa berjalan di galaksi lain yang eksotis.

 

Stasiun Komsomolskaya

Sumber: Another City

Keeleganan dari Stasiun Komsomolskaya mampu menyaingi Istana Czar. Didesain oleh Dmitry Chechulin, stasiun ini memiliki keindahan neoklasik. Di dalam stasiun, para pengunjung akan disapa oleh langit-langit yang tinggi berhiaskan lampu-lampu gantung indah yang dikombinasikan dengan mosaik dari zaman perang. Hebatnya, stasiun ini juga bisa berfungsi sebagai balroom alias ruang dansa!

 

Stasiun Khalid Bin Al Waleed

Sumber: My Dubai Metro

Stasiun ini bisa jadi merupakan salah satu stasiun paling high-end dan sci-fi yang tampak seperti stasiun masa depan. Stasiun ini memiliki tema lautan yang terwujud dari lampu-lampu gantung berdesain mirip ubur-ubur dengan warna biru laut yang luar biasa indah, ditambah dengan berbagai citra di sepanjang stasiun yang menggambarkan para penyelam mutiara.

 

Stasiun Kereta Atocha

Sumber: Discovery Rail

Berlokasi di Madrid, Ibukota Spanyol, stasiun ini merupakan salah satu yang paling menarik. Sebagai salah satu stasiun metro paling besar di Spanyol, para arsitek yang menciptakan strukturnya hanya punya sedikit ruang untuk menambah keindahan stasiun ini. Stasiun ini dibuat dari material kaca dan menaungi sebuah taman tropikal masif penuh dengan tanaman-tanaman hijau dari berbagai daerah.

 

Stasiun Rådhuset

Sumber: Wikimedia Commons

Bisa jadi merupakan salah satu stasiun bawah tanah palin ikonik di dunia. Stasiun ini merupakan salah satu tujuan wajib bagi para turis dari penjuru dunia.

Berlokasi di Stockholm, Swedia, Stasiun Rådhuset dilcat dengan warna merah tua yang dalam, bertolak belakang dengan stasiun-stasiun yang biasanya berwarna cerah. Dikombinasikan dengan lapisan bebatuan asli yang sengaja diekspos dan pencahayaan yang pas, stasiun metro ini terlihat seperti dunia lain bawah tanah daripada stasiun.

 

Stasiun Mayakovskaya

Sumber: Discover Moscow

Salah satu stasiun mewah di Moskow, Ibukota Rusia. Stasiun Mayakovskaya dipastikan jadi salah stasiun yang pantas untuk diingat.

Stasiun ini agak sedikit lebih modern dari stasiun-stasiun lainnya di Eropa Timur, dan didekorasi secara minimalis dengan marbel, stainless steel, dan lampu-lampu yang tersembunyi di ceruk-ceruk oval di langit-langit serta panel-panel kecil yang didesain oleh seniman Alesandr Deyneka.

 

Terowongan Wisata "The Bund"

Meski tidak termasuk stasiun, namun Terowongan Wisata The Bund atau disebut oleh warga lokal dengan nama Zhongshan Dong Yi Lu ini mampu membuat pengalaman naik kereta menjadi benar-benar berbeda, seperti membawa kita ke dunia lain atau dunia masa depan!

Dilengkapi dengan proyeksi visual serta efek audionya yang unik, para turis yang memasuki terowongan yang berlokasi di bawah Sungai Huangpu, China ini akan merasa memasuki dimensi lain.

 

Stasiun Kungsträdgården

Sumber: Visit Stockholm

Salah satu stasiun favorit di kota Stockholm, Swedia. Stasiun Kungsträdgården menaungi sejumlah peninggalan budaya Stockholm, obyek-obyek yang berasal dari sejarah istana Makalös.

Mirip seperti stasiun Swedia lainnya dalam daftar kali ini, stasiun ini memiliki fitur yakni lapisan bebatuan yang terekspos, pilihan desain yang terikat dengan keindahan bercampur dengan desain industrial membuat stasiun ini sangat unik.

 

Stasiun Wesfriedhof

Sumber: Martin Falbisoner / Wikimedia Commons

Stasiun ini tampak seperti stasiun dari film sci-fi era 90an. Didesain oleh Ingo Maurer, pencahayaan stasiun ini dibuat redup namun mewarnai beberapa area yang menonjol akan desain industrialnya.

Para pengunjung akan disambut dengan 11 lampu cekung dengan kilauan oranye, di mana bagian stasiun lainnya diwarnai oleh cahaya kebiruan yang elegan.

 

Grand Central Terminal

Sumber: 6sqft

Bisa jadi merupakan salah satu stasiun dengan pemandangan indah di kota New York, Amerika Serikat. Grand Central Terminal Manhattan dikunjungi setidaknya ribuan orang setiap harinya.

Stasiun bawah tanah ini juga memegang rekor Guiness World sebagai stasiun terbesar berdasarkan jumlah platform yang ada, mencapai 45 buah.

 

Stasiun Central Park

Sumber: Taipei Times

Stasiun ini dapat ditemukan di Kaohsiung, Taiwan. Mengombinasikan konsep alam dengan desain industrial modern, memberi para pengunjungnya pengalaman alam terbuka yang unik.

Didesain oleh arsitek asal Inggris Richard Rogers, stasiun bawah tanah ini memiliki rerumputan dan bunga-bunga buatan yang berjajar di sepanjang tangga serta eskalatornya untuk membantu mencerahkan hari dari para pengunjungnya.

Yang manakah stasiun favoritmu dari daftar di atas? Atau jangan-jangan kamu punya stasiun favoritmu sendiri? (Stefanus/IDWS)


Sumber: Interesting Engineering

Share    

IDWS Promo