IDWS.ID

Movies

Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak dalam 'Si Doel' Meninggal Dunia, Dimakamkan Hari Ini

22 Dec 2022

Kabar duka dari dunia hiburan, aktris senior Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada Rabu (21/12/2022) malam di usia 84 tahun. Jenazah pemeran Mak Nyak di serial Si Doel itu dimakamkan satu liang dengan sang ibu, Wolly Sutinah atau Mak Wok pada hari Kamis siang hari ini.

IDWS, Kamis, 22 Desember 2022 - Aminah Cendrakasih meninggal dunia di usia 84 tahun pada Rabu malam kemarin sekitar pukul 20.00 WIB. Rumah dukanya berlokasi di kawasan Pondok Aren, Banten, dihiasi sederet karangan bunga setelah kabar duka kepergiannya tersebar.

Jenazah Aminah Cendrakasih dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, sekitar pukul 10.15 WIB. Mak Nyak diantar ke tempat peristirahat terakhir dengan penuh haru oleh banyak orang

 

(Instagram @si.rano)

Selain keluarga dan kerabat, pemakaman Mak Nyak juga dihadiri baik para penggemar sang aktris maupun serial legendaris Si Doel Anak Sekolahan. Mereka tiba untuk memberikan penghormatan terakhir.

Prosesi pemakaman itu berlangsung secara khidmat dan penuh suasana haru. Beberapa anggota keluarga Mak Nyak tampak tak kuasa menahan tangis ketika jenazah mulai dimakamkan. Prosesi pun ditutup dengan tabur bunga oleh keluarga dan doa bersama.

 

Aminah Cendrakasih 'Mak Nyak' telah dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (22/12). (CNN Indonesia/Muhammad Feraldi Hifzurahman).

Lahir pada 29 Januari 1938, Aminah Cendrakasih merupakan salah satu nama besar di dunia perfilman Indonesia di era 50-an. Tak kurang dari 101 judul film telah ia bintangi sejak 1955 sampai 1989. Setelah membintangi sinetron Si Doel, publik mengenalnya sebagai 'Mak Nyak'.

Berkat pengabdiannya di sinetron Si Doel itu pula, Aminah Cendrakasih mendapat penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada 1992.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: CNNIndonesia.com, detikcom

Share    

IDWS Promo