IDWS.ID

Movies

Muncul Petisi Memprotes Adegan Mengintip Shizuka Mandi dalam Serial Doraemon

09 Dec 2020

Siapa yang tak kenal kartun Doraemon? Di Indonesia, Doraemon telah menemani masa kecil banyak orang selama lebih dari 20 tahun lamanya. Banyak hal yang kita pelajari dari animasi yang diangkat dari manga karya Fujiko Fujio ini.

IDWS, Rabu, 9 Desember 2020 - Sebagai franchise, Doraemon juga terhitung sangat sukses hingga telah tersebut ke penjuru dunia dan diadaptasi ke banyak media. Bagi generasi 90an, Doraemon merupakan salah satu tontonan wajib di saat kecil bukan? Sekilas tidak ada masalah berarti dari kartun Doraemon. Namun kini setelah dewasa, mungkin kita baru terpikir akan beberapa adegan, seperti misalnya adegan Shizuka mandi yang kemudian diintip oleh Nobita, entah sengaja atau tidak.

Muncul sebuah petisi di change.org pada 3 Desember 2020 yang dibuat oleh seseorang yang menggunakan Midorino Mushima. Berikut ini bunyi dari petisi tersebut.

 

(Kartun Doraemon)

Kami adalah mantan anak-anak yang mencintai Doraemon dan kini, orangtua yang mempertontonkan Doraemon kepada anak-anak kami. Kami mempelajari persahabatan dan keberanian dengan menonton Doraemon dan juga ingin mengajarkannya ke anak-anak kami.

Akan tetapi, ada adegan-adegan problematik dalam Doraemon. Yakni adegan mengintip Shizuka (mandi) oleh Nobita.

Aksi melihat seseorang yang tengah mandi adalah pelanggaran seksual, bukan hanya kenakalan. Itu adalah perilaku yang dapat menyebabkan trauma bagi korban wanita dan menyebabkan ketakutan seumur hidup ketika mandi atau berinteraksi dengan pria.

 

(Kartun Doraemon)

Kami berpikir bahwa menggambarkan tindakan tersebut sebagai ketidak hati-hatian atau kenakalan anak-anak dalam anime anak-anak dengan pengaruh sebesar Doraemon akan mengarahkan ke meremehkan pelanggaran seksual.

Karena itu kami meminta lima hal ini:

  1. Ketika mengkreasikan karya baru, tolong jangan menyertakan adegan mengintip orang mandi.
  2. Ketika membuat film, jangan menyertakan adegan wanita telanjang, termasuk Shizuka.
  3. Ketika menyiarkan karya-karya yang sudah eksis di televisi, usahakan menghindari adegan mengintip mandi sebisanya.
  4. Ketika adegan mengintip tidak bisa terhindarkan, tolong tambahkan peringatan bahwa apa yang terjadi adalah ilegal.
  5. Lakukan hal yang sama terhadap pelanggaran seksual lain, seperti mengintip rok wanita.

Petisi tersebut juga menegaskan bahwa mereka tidak berniat mencoba merubah karya-karya Doraemon yang telah ada, namun agar para penonton sekarang lebih teredukasi akan bahanya pelanggaran seksual.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo