IDWS.ID

Movies

IndoXXI Telah Resmi Tutup Pada Hari Ini, 1 Januari 2020

01 Jan 2020

IDWS, Rabu, 1 Januari 2020 - Situs layanan streaming film ilegal IndoXXI merealisasikan janjinya setelah sebelumnya sempat mengumumkan akan tutup pada tanggal 1 Januari 2020.

Lewat akun Twitternya @newindoxxi, IndoXXI menyampaikan ucapan selamat tahun baru 2020 sekaligus selamat tinggal kepada para pelanggannya pada pukul 00.40 WIB dinihari tadi.

 

 

Film-film di situs IndoXXI pun tak bisa lagi diakses. Ketika tautan diketikkan, muncul pop-up yang bertuliskan "Goodbye 2019, Goodbye IndoXXI, Terimakasih."

 

 

Tak hanya situs, aplikasi IndoXXI Lite juga sudah tidak bisa lagi digunakan untuk menonton film, meski masih tersedia di Play Store dan dapat diunduh.

 

 

Sayangnya tutupnya IndoXXI tidak membuat penikmat sineas Indonesia kembali berpaling ke cara-cara legal menikmati film, dan justru mencari pengganti IndoXXI hingga malah saling berbagi alternatif IndoXXI lainnya, entah dalam bentuk situs atau aplikasi.

Mengenang berpulangnya IndoXXI, seorang netizen Twitter dengan akun @odycm_ mengedit cuplikan dari film Avengers: Endgame.

 

 

Menurut survey YouGov, Keberadaan situs streaming bajakan ini mematikan industri kreatif Indonesia. Sebab, dari 63 persen yang mengakses situs web streaming atau situs torrent, 62 persen mengatakan telah membatalkan semua atau sebagian langganan di layanan TV berbayar yang legal.

Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan lantas menyatakan akan memberantas memberantas pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), termasuk yang dilakukan layanan streaming film ilegal di Indonesia.

Namun, Semuel mengakui Kemenkominfo dengan pemilik situs web streaming bermain kucing-kucingan. Setiap Kemenkominfo menutup satu situs, pemilik situs web streaming akan muncul dengan URL yang baru.

Hal senada diungkap pengamat Keamanan Siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya. Menurut dia, layanan menonton film bajakan tetap eksis karena masih banyak pilihan alamat domain sebagai wadah untuk menawarkan layanan serupa.

 

Sumber: CNNIndonesia.com

Share    

IDWS Promo