IDWS.ID

Travelling

5 Cara Praktis Menghemat Biaya Jalan-Jalan

11 Jan 2015

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan? Berkeliling dan berpetualang mencari pengalaman baru. Banyak yang mengira dengan sering jalan-jalan atau liburan itu sama dengan pemborosan. Padahal kamu bisa kok jalan-jalan tapi tetap hemat. Intip tips berikut ini untuk menghemat biaya jalan-jalan kamu!

 

1. Survei Sebelum Berangkat

Survei ini bisa berarti kamu survei lokasi tujuan wisata, tempat menginap, dan juga memperkirakan berapa budget yang harus kamu keluarkan untuk itu semua. Dan yang penting juga, jangan lupa untuk mengecek kalender untuk mengetahui hari-hari raya. Hal ini penting loh, karena dibeberapa tempat ketika hari raya tidak melakukan kegiatan apa-apa. Seperti hari raya Nyepi di Bali misalnya.

2. Gunakan Transportasi Umum dan Kaki Sendiri

Usahakan untuk selalu menggunakan transportasi umum di tempat jalan-jalan kamu. Selain hemat, menggunakan transportasi umum (selain taksi) juga memberi kamu pengalaman untuk bisa lebih mengetahui tempat tujuan kamu. Dan jika kamu sanggup untuk berjalan kaki ke tempat-tempat yang unik di lokasi jalan-jalan kamu malah lebih baik. 

3. Cari Penginapan Yang Strategis

Menginap di tempat yang dekat dengan tujuan jalan-jalan kamu sudah tentu akan lebih menghemat biaya transportasi.


4. Bawa Botol Minuman Sendiri

Bila kamu penasaran dengan kuliner di tempat jalan-jalan, tidak ada salahnya untuk membawa botol minum sendiri. Selain untuk menghemat biaya makan, kebersihan dari tempat minum juga terjamin. Selain itu dengan selalu membawa botol minum kamu tidak perlu repot lagi untuk singgah di toko hanya untuk membeli minuman.

 

5. Beli Oleh-Oleh di Pasar Tradisional

Membeli oleh-oleh rasanya sudah menjadi kewajiban bagi kamu yang pergi jalan-jalan. Untuk menghemat biaya, lebih baik untuk membeli oleh-oleh di pasar tradisional saja. Karena di pasar tradisional kamu bisa menawar dengan harga yang murah, tetapi juga harus jeli dalam memilih barang agar tidak menyesal nantinya.

Share    

IDWS Promo