IDWS.ID

Makanan

9 Jenis Jeruk Manis yang Sering Dijual di Pasaran

20 Aug 2021

Vitamin C menjadi salah satu jenis antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin C secara alami dari banyak jenis buah dan sayur. Namun, buah jeruk menjadi salah satu jenis buah citrus yang sangat identik dengan kandungan vitamin C tinggi.

IDWS, Jumat, 20 Agustus 2021 - Tidak sedikit orang yang menyukai buah jeruk untuk dikonsumsi setiap hari. Jeruk adalah buah yang identik dengan rasa masam dan sedikit manis segar. Untuk konsumsi harian di rumah, jeruk manis dengan warna oranye kekuningan lebih disukai.

Jika membahas tentang buah jeruk, ada banyak jenis jeruk yang bisa ditemukan. Anda bahkan bisa menemukannya di halaman rumah. Namun, Anda mungkin tidak begitu familier dengan berbagai nama jeruk yang dipasarkan. Berikut ini beberapa jenis buah jeruk manis yang enak dan segar untuk Anda konsumsi sehari-hari.

 

(shutterstock)

1. Jeruk Medan

Jenis jeruk ini mungkin paling umum ditemukan sehari-hari, baik di warung makan atau pasar. Jeruk medan memiliki kulit dengan warna hijau kekuningan dan kuning cerah jika sudah benar-benar matang. Rasa buahnya cenderung manis dengan bulir yang besar.

 

(Shutterstock)

2. Jeruk Mandarin

Tidak seperti namanya, jeruk mandarin sebenarnya dikembangkan dari Asia Selatan dan Filipina. Rasa jeruknya manis dengan sedikit asam dengan kulit berwarna oranye cerah dan ukuran lebih kecil ketimbang jeruk lainnya. Jeruk mandarin dibudidayakan di seluruh dunia hingga mencapai 200 varian buah.

 

(fitco.id)

3. Jeruk Navel

Jeruk navel adalah jenis buah jeruk sunkist dengan rasa segar dan manis. Ukuran buahnya sedikit lebih besar dari jeruk mandarin dan kulitnya tipis. Warna buahnya oranye cerah dan biasanya diimpor dari Australia.

 

(Shutterstock)

4. Jeruk Valencia

Salah satu jenis jeruk sunkist lainnya adalah jeruk valencia. Jeruk valencia memiliki kulit yang lebih tebal ketimbang jeruk navel. Rasa buahnya cenderung lebih masam dan mengandung lebih sedikit air daripada jeruk sunkist navel.

 

(Wikimedia Common)

5. Jeruk Keprok

Jenis buah jeruk keprok biasanya memiliki konde dengan tekstur kulit yang agak kasar. Jeruk keprok mudah dikupas dengan rasa manis dan sedikit asam yang segar. Biasanya, jeruk ini juga dikenal dengan sebutan jeruk siam yang banyak tumbuh di dataran tinggi.

 

(Shutterstock)

6. Jeruk Ponkam

Jeruk ponkam juga termasuk varietas jeruk mandarin yang sering dijumpai menjelang Imlek. Ukurannya mirip dengan jeruk medan, tapi kulitnya sedikit puffy sehingga mudah untuk dikupas. Jeruk ini memiliki cita rasa yang sangat manis dengan tekstur berair yang sangat menyegarkan.

 

(iStock)

7. Jeruk Kumquat

Meskipun relatif jarang ditemui, jeruk kumquat adalah jenis jeruk yang unik karena bisa dimakan dengan kulitnya. Ya, selain daging buahnya yang segar, kulit buah jeruk ini memiliki rasa manis. Ukuran buahnya juga relatif lebih kecil dan berukuran lebih oval daripada jeruk biasa.

 

(Shutterstock)

8. Jeruk Santang

Jeruk santang juga banyak disukai karena rasanya yang manis dan warna kulitnya yang cerah. Jika dihidangkan di atas meja makan, jeruk ini akan sangat menggugah selera untuk disantap setelah makan. Buah jeruk ini juga tidak memiliki biji sehingga mudah dikonsumsi.

 

(iStock)

9. Jeruk Bali

Berbeda dengan rasa jeruk pada umumnya, jeruk bali memiliki rasa dominan asam kecut yang segar dan sedikit rasa manis. Anda mungkin merasakan sedikit rasa pahit dari serat jeruknya, tapi kombinasi rasa jeruk bali sangat lezat dikombinasikan untuk makanan penutup.

Nah, itulah beberapa jenis jeruk yang bisa ditemukan di pasaran. Anda bisa memilih buah jeruk yang paling sesuai dengan kebutuhan konsumsi sehari-hari. Dengan makan buah jeruk dengan teratur, Anda bisa mendapatkan nutrisi vitamin C alami yang juga baik untuk tubuh.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo