IDWS.ID

Makanan

6 Makanan Khas Jepang yang Harus Dicoba Apabila Mampir di Jepang

21 Nov 2019

IDWS, Kamis, 21 November 2019 - Jepang merupakan salah satu negara Asia dengan budaya menarik dan terjaga sekian lama, hingga sudah menjadi identitas Negeri Matahari Terbit. Bicara soal budaya, tentunya makanan juga termasuk di dalamnya, dan Jepang merupakan negara yang terkenal akan kulinernya yang begitu khas sampai-sampai banyak restoran yang menyajikan masakan Jepang bertebaran di Indonesia.

 

 

Namun pastinya akan lebih afdol bila dapat merasakan citarasa kuliner Jepang langsung dari sumbernya. Nah jika kamu punya kesempatan bepergian ke Jepang, akan lebih mudah bila kamu mempunyai jr pass traveloka terlebih dahulu sebagai transportasi umum untuk mengelilingi tujuan yang kamu inginkan selama berada di Jepang.

Jangan lupa juga untuk mencicipi 6 makanan khas kuliner Jepang yang bisa dipastikan berbeda dengan masakan sejenis yang biasa kalian temui di Indonesia!

 

1. Hanabiramochi

Makanan yang satu ini mungkin tidak akan bisa kamu cicipi jika tidak berkunjung langsung ke Jepang. Pasalnya, hanabira mochi merupakan makanan khas yang biasanya disajikan di awal tahun atau ketika upacara minum teh.

 

 

Nama hanabira mochi sendiri berarti mochi kelopak bunga. Bentuknya pun sesuai dengan nama itu, yakni berdaun lebar dan gepeng, bukan bulat seperti mochi pada umumnya. Warnanya pun khas, biasanya merah mudah, serta di bagian dalamnya berisi pasta kacang hijau.

 

2. Sushi

Memang di Indonesia sudah banyak restoran Jepang yang menyajikan sushi. Tapi jangan sampai kamu meremehkan dan tidak mencobanya ketika sedang berada di Jepang. Pasalnya sushi di negeri asalnya punya cara penyajian serta pengalaman berbeda.

 

 

Kamu bisa melihat langsung koki ketika mengiris tipis daging ikan, berinteraksi dengan pelanggan lain, hingga meminta menu khusus secara langsung. Hal seperti ini sudah tentu membuat cita rasa sushi itu berbeda dan lebih berkesan.

 

3. Ramen

Sudah pasti makanan mie berkuah ini ikut masuk dalam daftar yang mesti dicoba. Cita rasa ramen dan pengalaman makan di negara aslinya memang sangat berbeda. Selain itu, kamu juga bakal mendapatkan banyak sekali jenis ramen sehingga tidak akan bosan mencicipinya.

 

 

Cita rasa ramen biasanya akan berbeda tergantung pada kuahnya. Akan tetapi jangan lupa, bahwa kebanyakan ramen di Jepang memang non-halal atau mengandung babi. Bila kamu memang menginginkannya, ada juga ramen halan yang biasanya memakai kaldu sapi, ikan atau ayam.

 

4. Soba

Walaupun sama-sama termasuk mie Jepang, soba punya karakter dan cita rasa berbeda dari ramen. Soba memiliki bentuk kecil mirip dengan ramen, tapi dibuat dari bahan berbeda. Adapun bahan baku pembuat soba adalah kombinasi tepung buckwheat dan tepung gandum.

 

 

Biasanya warnanya agak gelap dan bentuk penampangnya kotak kecil. Bagian sisinya tajam, bukan bulat) karena dipotong menggunakan pisau.

 

5. Taiyaki

Ini adalah kue berbentuk ikan yang biasaya diisi dengan pasta kacang merah atau disebut juga anko. Namun seiring perkembangan zaman, pasta yang diisi ke dalam taiyaki berubah.

 

 

Kamu bisa mendapatkan taiyaki dengan lebih banyak rasa, mulai dari keju hingga coklat. Taiyaki termasuk makanan khas yang bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai penjuru kota Tokyo.

 

6. Dango

Kue yang satu ini berbentuk bola-bola dan dibuat dari tepung beras. Teksturnya kenyal, mirip dengan mochi. Akan tetapi dango punya cita rasa berbeda, mulai dari asin hingga manis.

 

 

Kamu bisa mendapatkan dango di toko oleh-oleh atau penjual di taman-taman. Adakalanya jajanan ini juga dijajakan di daam festival.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo