IDWS.ID

Health

Ini Saran Ilmuwan Harvard Untuk Mengurangi Resiko Penularan COVID-19 Saat Berhubungan Intim!

05 Jun 2020

Ilmuwan dari Universitas Harvard memperingatkan bahwa hubungan seksual juga bisa menularkan COVID-19, dan merekomendasikan beberapa trik untuk mengurangi resiko tertular

IDWS, Jumat, 5 Juni 2020 - Dalam sebuah studi, para ilmuwan dari Universitas Harvard di Amerika Serikat merekomendasikan untuk menggunakan masker saat bercinta, tidak berciuman, mandi sebelum dan sesudah berhubungan intim, serta membersihkan "tempat bercinta" dengan alkohol atau cairan pembersih.

Mereka juga menyarankan agar orang-orang menghindari beberapa praktik seksual dengan kemungkinan transmisi COVID-19 tinggi lewat feses (kotoran), urin, oral (mulut) dan semen.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine, tim ilmuwan yang dipimpin oleh Dr Jack Turban menyatakan:

Bagi beberapa pasien, pantangan berhubungan intim bukanlah tujuan yang mungkin dicapai. Dalam situasi-situasi ini, berhubungan seksual dengan orang-orang melakukan karantina mandiri adalah pendekatan paling aman. Mereka yang tidak bisa melakukan pendekatan tersebut (karantina mandiri) mungkin akan menerima manfaat dari konseling, yang telah terbukti efektif dalam ranah kesehatan seksual."

Pasien juga harus mendapat informasi akan bagaimana cara mengurangi resiko akan infeksi-infeksi yang ditularkan lewat hubungan seksual dan juga pentingnya melanjutkan penggunaan kontrasepsi pada masa sekarang ini untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Situs Resmi NCBI

Foto Fitur: Twitter/TheTorontoSun

Share    

IDWS Promo