IDWS.ID

Fashion

Citayam Fashion Week Akan DIpindah ke CFD Agar Tak Ganggu Lalu Lintas

27 Jul 2022

Citayam Fashion Week rencananya akan dipindahkan ke Car Free Day (CFD) atas usulan dari Polda Metro Jaya.

IDWS, Rabu, 27 Juli 2022 - Usulan tersebut mendapat sambutan positif dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang merasa bahwa itu adalah ide bagus sekaligus alternatif terbaik. Fenomena CItayam Fashion Week sendiri utamanya disorot karena menjadi penyebab kemacetan di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, hingga dihentikan sementara oleh polisi.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya meminta kegiatan Citayam Fashion Week dipindahkan pada saat Car Free Day (CFD). Pasalnya, ajang pamer busana ini digelar di zebra cross Dukuh Atas hingga menghambat lalu lintas dan menimbulkan kemacetan.

"Penggunaan jalan ada ketentuannya. Aktivitas masyarakat boleh menggunakan jalan selama tidak mengganggu pengguna jalan lain. Kami tidak akan mematikan kreativitas masyarakat," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, dikutip dari laman NTMC Polri, Selasa, 26 Juli 2022, dikutip dari Tempo.

 

Aksi para remaja melakukan catwalk di zebra cross di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Selasa, 26 Juli 2022. (Foto: TEMPO/ Febri Angga Palguna)

“Saya juga termasuk pernah mengusulkan, nah pas hari minggu pagi CFD itu bisa dimanfaatkan Citayam Fashio Week, lebih bagus itu,” ujar Rizadi Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, pada Rabu, 27 Juli 2022, seperti dikutip dari Tempo.

Menurut Riza, para remaja dari SCBD (Sudirman, Citayam, Bojonggede, dan Depok) yang ingin mengekspresikan diri lewat fesyen bisa berkunjung ke CFD sehingga tidak menyebabkan kemacetan seperti di kawasan Dukuh Atas karena area CFD yang luas dari ujung jalan MH Thamrin hingga Jalan Jendral Sudirman.

Pihak polisi sendiri telah mewanti-wanti para remaja yang masih nekad melakukan aksi catwalk di zebra cross.

"Kalau mengganggu lalu lintas, kegiatan itu akan kami hentikan demi ketertiban umum. Tapi kalau tidak mengganggu lalu lintas, silakan saja," ucap Kombes Latif Usman.

Sementara dalam keterangan terpisah, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin menyatakan akan menyiapkan lokasi baru untuk kegiatan Citayam Fashion Week ini. Dalam penentuan lokasinya, kepolisian akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, termasuk Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Tempo

Share    

IDWS Promo