IDWS.ID

Bola Nasional

Usai Piala AFF 2020, Presiden Jokowi Beri Instruksi Baru Kepada Shin Tae-yong

04 Jan 2022

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilaporkan telah memberi perintah khusus kepada pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) usai berakhirnya Piala AFF 2020.

IDWS, Selasa, 4 Januari 2022 - Timnas Indonesia yang mayoritas diisi pemain muda arahan STY sendiri sukses melaju hingga final Piala AFF 2020, meski sayangnya harus takhluk oleh Thailand dengan agregat 6-2.

Namun STY dianggap telah berhasil membuat timnas Indonesia bermain lebih menarik dan menyerang. Indonesia tercatat sebagai timnas tertajam dengan peroleham 20 gol dari delapan laga di sepanjang pagelaran Piala AFF 2020. Hal ini membuat STY serta timnas Indonesia mendapat apresiasi dari rakyat meski gagal juara.

Apresiasi juga datang dari Presiden Jokowi.

"Selamat kepada Thailand yang tampil menjadi juara Piala AFF 2020 malam ini. Bagi timnas Indonesia, kalian sudah berjuang dengan gigih dan sportif. Meski belum juara, saya dan seluruh rakyat Indonesia tetap bangga atas perjuangan Anda semua," tulis Joko Widodo di Instagram pribadinya, Sabtu (1/1/2022).

Usai Piala AFF 2020, Presiden Jokowi rupanya telah memberi mandat baru kepada STY, yakni mempersiapkan tim untuk menyambut turnamen Piala Dunia U20 yang akan digelar pada 2023.

Hal itu terungkap dalam wawancara STY dengan media asal Korea Selatan, Yonhap.

"Kami sudah berjuang dengan sangat baik," kata Shin Tae-yong. "Saya diminta berkonsentrasi mempersiapkan Piala Dunia U20 2023 dari sekarang," ujar STY seperti dikutip dari Kompas.com.

Piala Dunia U20 sendiri sejatinya digelar pada tahun 2021 dengan Indonesia menjadi tuan rumah. Namun, pandemi COVID-19 membuat Piala Dunia U20 pada 2021 dibatalkan. Kendati demikian status tuan rumah tetap diberikan kepada Indonesia pada penyelenggaraan edisi 2023.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Foto fitur: Instagram/@jokowi

Share    

IDWS Promo