IDWS.ID

Bola Nasional

Lagu Kapten Tsubasa 'Dragon Screamer' Versi Indonesia Dinyanyikan Ulang oleh Ade BasukI!

11 Jan 2021

"Buktikan dalam hati kapten masa depan, lebih tangguh daripada yang kita duga! Daripada terbawa hati yang gelisah, cobalah tuk menangis saja, demi meraih masa depan terlihat. Tak perlu ragu jadilah diri yang baru."

IDWS, Senin, 11 Januari 2021 - Bagi kalian yang merupakan bagian dari generasi 90an, kemungkinan besar lirik lagu di atas sudah tidak asing lagi di telinga. Ya, itu adalah potongan lirik dari lagu ikonik anime Captain Tsubasa yang dulu sangat digandrungi anak-anak hingga remaja di Indonesia!

Lebih tepatnya, itu adalah potongan lirik versi dari lagu pembuka anime Captain Tsubasa Road to 2002 berjudul "Dragon Screamer" yang dinyanyikan oleh Ade Basuki — yang juga merupakan pengisi suara dari Tsubasa Ozora, tokoh utama dari anime Captain Tsubasa.

 

 

(Copyright(c)TV TOKYO Corporation All rights reserved)

Kali ini Ade Basuki, berkolaborasi dengan SAY Record, merilis rekaman ulang lagu Dragon Screamer versi Indonesia. Tentunya rekaman ini bukan untuk anime resminya ya, namun merupakan proyek antara Ade Basuki dengan SAY Record.

Lagu Dragon Screamer versi Indonesia yang baru ini diaransemen oleh Yusuf Zamzam, dan telah dirilis di YouTube oleh SAY Record.

 

 

Menurut laporan KAORI Nusantara, ke depannya pihak SAY Record juga akan merilis video klip dari lagu Dragon Screamer versi Indonesia yang baru ini, dan dibintangi oleh siapa lagi kalau bukan Ade Basuki.

Captain Tsubasa adalah komik tentang sepakbola karya Yoichi Takahashi dan diterbitkan oleh Shueisha. Dalam komik ini dikisahkan mengenai Tsubasa Ozora adalah seorang pemuda yang bercita-cita tinggi menjadi seorang pemain sepak bola hebat dan menjadi pemain Tim Nasional Jepang. Kecintaannya kepada sepak bola membuatnya bertemu banyak teman, rival dan menghadapi berbagai tantangan menjadi pemain sepakbola nomor 1, dengan slogan legendaris “Bola adalah teman.”

Serial komik sepakbola yang satu ini memang cukup legendaris dan begitu digemari oleh banyak orang. Karena ketenarannya tersebut, komik ini bahkan sampai berkali-kali diadaptasi menjadi anime, pada tahun 1983, 1994, 2001, dan yang terbaru adalah 2018. Itu belum termasuk dengan film-film layar lebar dan juga OVAnya. Seolah tak mau ketinggalan, Captain Tsubasa juga cukup populer di Indonesia, bahkan selain komiknya yang telah diterbitkan oleh Elex Media, seri-seri animenya, baik tahun 1983, 1994, dan 2001 semuanya juga sudah ditayangkan di Indonesia, di sejumlah stasiun televisi, baik itu TV7 (sekarang TRANS7), RCTI, LATIVI (sekarang TV ONE), Space Toon, ANTV, dan Global TV (sekarang GTV).

 

Ade Basuki, pengisi suara dari Tsubasa Ozora dalam Captain Tsubasa Road to 2002 sekaligus dubber dari lagu Dragon Screamer versi Indonesia. (Facebook/KAORI Nusantara)

Ade Basuki sendiri adalah pengisi suara yang mendubbing karakter Tsubasa Ozora saat anime Captain Tsubasa Road to 2002 ditayangkan di Indonesia untuk pertama kalinya di TV7 pada tahun 2002 lalu. Bukan cuma mendubbing Tsubasa, Ade Basuki juga menyanyikan lagu tema animenya yang berjudul Dragon Screamer ke dalam bahasa Indonesia. Di Jepang sendiri, lagu Dragon Screamer aslinya dinyanyikan oleh Da Pump. Lagu versi asli bahasa Jepang ini turut digunakan saat anime Captain Tsubasa Road to 2002 ditayangkan ulang oleh ANTV dan Global TV beberapa tahun setelahnya. Adapun selain Ade Basuki, Tsubasa Ozora juga pernah didubbing oleh seiyu lainnya seperti Hanis, Amir Cholili, Mohammad Romli, Mahindra Yudha Permana, dan yang paling terbaru adalah Leni M Tarra.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: YouTube/SAY Record, KAORI Nusantara

Share    

IDWS Promo