IDWS.ID

Bola Nasional

Kebangkitan Timnas U-19 Indonesia di Kroasia Tak Lepas Dari Kalimat Manjur Shin Tae-yong

23 Sep 2020

Timnas Sepakbola U-19 Indonesia asuhan Shin Tae-yong tak terasa sudah menjalani lima kali laga uji coba di Kroasia, Eropa Timur.

IDWS, Rabu, 23 September 2020 - Meski sempat mengalami kekalahan telak di dua laga awal, skuad Garuda Muda menunjukkan tren positif yang terus meningkat.

Pada laga perdana melawan Bulgaria, mereka kalah 0-3 melawan Bulgaria, sedangkan di laga kedua dibantai tuan rumah Kroasia 1-7. Timnas U-19 Indonesia mulai bangkit pada laga ketiga melawan Arab Saudi pada hari Jumat (11/9/2020) pekan lalu di mana mereka mampu melakukan comeback dan memaksakan hasil seri 3-3 setelah sempat teringgal 1-3.

Braif Fatari menjadi pahlawan penyelamat tim Garuda Nusantara karena berhasil mencetak gol ketiga pada injury time. Setelah menahan imbang Arab Saudi, Witan Sulaeman dkk kemudian sukses meraih kemenangan perdana. Kemenangan itu terjadi saat timnas U19 Indonesia mengalahkan Qatar dengan skor 2-1. Sayangnya, pada pertemuan kedua dengan Qatar, timnas U19 Indonesia harus pasrah ditahan imbang 1-1.

 

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tat-yong menjelaskan strateginya ketika timnas U19 Indonesia melawan Kroasia, 8 September 2020.(Dok. PSSI)

Kebangkitan timnas U-19 Indonesia tidak datang begitu saja. Pelatih tim Garuda Muda, Shin Tae-yong, sempat mengucapkan satu kalimat yang menjadi titik kebangkitan anak asuhnya. Hal itu disampaikan Shin Tae-yong kepada media Korea Selatan, Yonhap News, seusai timnya meraih kemenangan perdana melawan Qatar pada Kamis (17/9/2020).

"Saya bilang pada pemain, 'Saya akan mendengarkan kalian selama berada di luar lapangan, jadi tolong lakukan yang terbaik selama berada di dalam lapangan'," ucap Shin Tae-yong seperti dikutip Bolasport.com dari Yonhap News.

"Ternyata apa yang saya katakan ada pengaruhnya juga," katanya menambahkan.

Shin Tae-yong pun sangat terkesan dengan tekad anak asuhnya untuk bekerja keras dan menampilkan permainan terbaik mereka. Kerja keras itu membuat kemampuan dan kualitas Brylian Aldama dkk meningkat selama menjalani lima laga uji coba di Kroasia.

"Yang terpenting, keinginan para pemain untuk terus bermain sampai akhir sudah meningkat," tutur Shin Tae-yong. "Karena mereka bekerja keras, penampilan mereka juga meningkat."

Timnas U19 Indonesia masih memiliki dua laga uji coba lainnya yang belum dijalani. Pasukan Shin Tae-yong akan menghadapi Bosnia Herzegovina pada Jumat (25/9/2020) dan Dinamo Zagreb pada Senin (28/9/2020). Setelah itu, timnas U19 Indonesia arahan Shin Tae-yong dijadwalkan melanjutkan pemusatan latihan di Turki.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com via Bolasport.com dan Yonhap News

Share    

IDWS Promo